Sidoarjo Positif Gelar Pelatihan Pembudidayaan Hidroponik Di Kalidawir

Februari 5, 2019

(SIDOARJOterkini) – Lapindo Brantas bersama komunitas kepemudaan Sidoarjo Positif tidak henti-hentinya melakukan kegiatan dan pelatihan untuk pemberdayaan masyarakat.

Pelatihan Hidroponik kembali digelar oleh komunitas kepemudaan Sidoarjo Positif di Desa Kalidawir Kecamatan Tanggulangin, Sabtu (2/2/2019).

Pelatihan ini menjadi rangkaian dari kegiatan budidaya hidroponik Lapindo Brantas bersama Sidoarjo Positif untuk beberapa desa di sekitar wilayah operasi Lapindo Brantas.

Pelatihan yang menghadirkan Afandi perwakilan dari Dinas Pertanian Kabupaten Sidoarjo sebagai pemateri ini bertajuk “Seminar II, Pembibitan dan Perawatan Pra Panen Hidroponik”. Materi di pelatihan lanjutan ini memfokuskan pada praktek menata tanaman ke alat KIT Hidroponik yang sebelumnya sudah dilakukan pembibitan.

“Di sesi pertama kami fokus di teori, di sesi kedua ini kami berikan materi penanganan pada bibit pertama yang baru ditanam agar tanaman bisa tumbuh dan berkembang secara sehat dan maksimal. Mereka sangat antusias di pelatihan hidroponik ini” ujar Afandi.

Koordinator Sidoarjo Positif  Vanda Ika menyatakan, dengan kegiatan ini, warga Desa Kalidawir dapat memanfaatkannya sebagai ajang belajar sekaligus berkonsultasi.

Dijelaskannya, para peserta pelatihan dibimbing dalam praktik hidroponik sebagai bentuk dukungan Lapindo Brantas dan Sidoarjo Positif meningkatkan perekonomian keluarga maupun desa.

“Melalui program hidroponik dengan lahan terbatas, namun tetap bisa melakukan pertanian, “ujar Vanda.

Warga sendiri melihat kegiatan ini sangat bermanfaat untuk mengembangkan potensi yang mampu dimanfaatkan masyarakat desa. Harapannya ke depan dapat membudidayakan hidroponik dengan mudah dan murah di rumah.

“Terim kasih kepada Lapindo karena sudah memfasilitasi pelatihan hidroponik ini dan harapannya semoga bermanfaat”, ujar Siti Rokhilah,  perwakilan PKK Desa Kalidawir.

Ketua PKK Rina Handayani juga mengungkapkan apresiasinya kepada Lapindo Brantas.

“Semoga warga dapat memanfaatkan pekarangan rumahnya untuk ditanami hidroponik, dan semoga Lapindo semakin sukses,”ujarnya.

Sementara itu Comunity Development PR Lapindo Brantas Inc Fifin Fifhriani memaparkan, Semoga kegiatan ini dapat bermanfaat untuk warga, pemuda dan desa. Kegiatan seperti ini akan terus berlanjut hingga panen hidroponik siap untuk dilakukan.

“Kami harap warga desa mampu mengembangkan  hidroponik, sehingga dapat meningkatkan perekonomian desa melalui program hidroponik yang dikerjakan oleh warga Kalidawir sendiri,” pungkas Fifin. (cles)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *