Pabrik Batu Arang Di Bypass Balongbendo Terbakar

Februari 5, 2019

(SIDOARJOterkini) – PT Samudera Kiat Jaya yang memproduksi batu arang berlokasi komplek Ruko Desa Balongbendo di jalan bypass KM 33,2 malam ini terbakar, Senin (4/2/2019).

Dua unit Mobil Damkar dari Pos PMK Krian diterjunkan untuk menjinakkan api yang mulai membakar bagian dinding pabrik

Menurut salah satu petugas keamanan Ruko, api diketahui sekitar pukul 21.30 WIB. Saat itu di pabrik tidak ada karyawan yang bekerja. Dirinya melihat asap hitam keluar dari atap pabrik.

“Kondisi pabrik sedang tidak ada karyawan,” ungkapnya.

Saat melihat asap sudah mengepul dirinya langsung menghubungi pihak penjaga pabrik yang biasa tidur di dalam pabrik. Dikatakannya, pabrik ini sudah dua kali ini terbakar.

“Saya ini hanya menjaga keamanan ruko ini,  makanya ada kejadian kebakaran saya langsung hubungi karyawan pabrik tersebut,”ujarnya.

Sementara itu menurut Tono salah satu warga yang berada di lokasi mengatakan, api diduga berasal dari mesin pengering (oven) batu arang yang sengaja dinyalakan meski tidak ada karyawan.

“Tadi dibagian dalam terlihat membara,  dan ada salah satu karyawannya yang mematikan mesin oven itu, “katanya.

Ditambahkannya, beruntung api tidak sampai membesar karena disebelah pabrik ini ada stasiun pengisian LPG.

“Hanya berjarak sekitar kurang dari 10 meteran jaraknya dengan pengisian LPG, tentu ini sangat bahaya kalau meledak bisa mencapai puluhan kilometer,”ucapnya.

Api baru bisa dikuasai oleh petugas Damkar sekitar pukul 00.10 WIB. selanjutnya dilakukan pembasahan. Tidak ada korban dalam kebakaran ini kerugian ditaksir ratusan juta. (cles)

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *