Kanwil DJP Jatim II Launching KPP Mikro Pacitan

Januari 30, 2019
Headline Indeks Pajak   108 views

 

Kepala Kanwil DJP Jatim II Lusiani

(PACITANterkini) – Untuk meningkatkan pendapatan pajak Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak (Kanwil DJP) Jawa Timur II resmi melaunching KPP Mikro Pacitan.

Kepala Kanwil DJP Jatim II Lusiani dalam sambutannya mengatakan, berdasarkan KEP 286/PJ/2018 Tentang Penunjukan Kantor Pelayanan, Penyuluhan, dan Konsultasi Perpajakan dalam Rangka Uji Coba Kantor Pelayanan Pajak Mikro, KP2KP Pacitan mendapat amanah untuk melaksanakan Uji Coba KPP Mikro.

“Dalam Uji coba ini, meliputi dua Wilayah yaitu Kelurahan Ploso dan Desa Arjowmangun,” ungjap Lusiani

Dalam perkembangannya lanjut Lusiani, keberhasilan uji coba ini akan menjadi masukan bagi Kementerian Keuangan untuk pengembangan organisasi di masa mendatang.

Rendahnya tax ratio, dan belum mencapai angka yang diharapkan. Dengan reformasi kelembagaan Kementerian Keuangan, tax ratio yang menunjukkan pada perbandingan antara penerimaan pajak dengan produk domestic bruto dapat meningkat dari tahun-tahun sebelumnya dan mencapai angka ideal.

“Dengan demikian, ke depan Direktorat Jenderal Pajak akan mampu menjalankan peran dan fungsinya dalam memberikan kontribusi bagi terciptanya kemandirian pembeayaan penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan,”tuturnya.

Pihaknya menyadari dalam pelaksanaan kegiatan ini perlu dukungan dan kerjasama yang baik dengan seluruh pemangku kepentingan baik itu Pemerintah Kabupaten Pacitan, Lembaga Keuangan dan Perbankan, Kantor Pos, asosrasi dan partisipasi Wajib Pajak di Kabupaten Pacitan.

Karena menurutnya, Kerjasama menjadi sebuah prasayarat penting bagi terwujudnya tujuan bersama dalam mewujudkan kemandirian pembiayaan pembangunan. Pajak yang merupakan tulang punggung, harus dikelolala dengan lebih baik, tentunya melibatkan peran aktif dari setiap unsur institusi dan kelembagaan pada era keterbukaan informasi dan pertukaran data.

“Pemanfaatan teknologi informasi sangat bermanfaat dan memudahkan alur informasi dan lintas data antar pemangku,”ucapnya.

Sementara itu Bupati Pacitan Indartarto mengucapkan selamat kepada KP2KP Pacitan, atas pelayanannya yang baik kini jadi naik kelas,” kata Bupati saat menghadiri dan membuka Launching KPP Mikro di kantor KP2KP Pacitan ( 29/01/19).

Ditambahkan Indartarto, mengingat besarnya manfaat dalam membayar pajak untuk keberlangsungan pembangunan, kesejahteraan rakyat dan lain sebagainya, pihaknya mengingatkan dan sekaligus berharap kepada seluruh wajib pajak untuk tertib dalam membayar pajak.

“Nilai pajak adalah indikator sebuah wilayah, jika satu wilayah mendapat pajak yang besar, maka hal tersebut adalah pertanda wilayah tersebut masyarakatnya kaya-kaya. Dan tentunya kehidupan masyarakatnya akan menjadi lebih baik lagi, “tandas Indartarto.

Pada tahap uji coba KPP Mikro Pacitan untuk sementara akan dilaksanakan di Kelurahan Ploso dan Desa Arjowinangun, didukung sebelas karyawan yang akan memudahkan masyarakat dalam kegiatan perpajakan. (St-12/cles)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *