Bupati Sidoarjo Launching Bolam dan Motor Pintar

Januari 16, 2019

(SIDOARJOterkini) –  Dinas Perpustakaan dan Arsip  Kabupaten Sidoarjo melaunching Bioskop Literasi Anak dan Motor Pintar.

Bioskop Mini home theater yang diberi nama Bolam (Bioskop literasi anak & masyarakat) dan pengadaan18 motor pintar yang sudah didesain khusus dengan dilengkapi rak dan diisi buku bacaan tersebut tiap hari keliling ke sekolah – sekolah di 18 kecamatan,  diresmikan oleh Bupati Sidoarjo Saiful Ilah, Rabu, (16/1/2019).

Kepala Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Sidoarjo Endang Soesijanti mengatakan keberadaan Bolam ini nantinya akan menambah sarana edukasi yang efektif bagi pelajar dan masyarakat, khususnya yang ingin mengetahui tentang sejarah Sidoarjo melalui visual video.

“Nantinya Bolam dibuka untuk umum, kami jadwalkan dua hari sekali pada jam kerja akan diputar film, hari Senin, pagi hari kita putas jam 09.00 wib dan siang hari jam 11.00 wib. Kita putar antara 1 sampai 2 judul film edukasi anak, pelajar dan masyarakat, sejarah dan dokumenter,” kata Endang.

Selain itu lanjut Endang,  Perpustakaan dan Arsip Sidoarjo juga meluncurkan 18 motor pintar yang siap keliling ke sekolah-sekolah, agar minat baca anak bertambah.

”Ini merupakan kado bagi Kabupaten Sidoarjo yang sebentar lagi akan memperingati hari jadinya,”ujar Endang.

Bupati Sidoarjo Saiful Ilah mengapresiasi inovasi yang dilakukan dinas Perpustakaan dan Arsip dengan melengkapi sarana dan prasarana yang dibutuhkan sesuai dengan perkembangan saat ini. Sarana belajar melalui bioskop literasi dan tambahan buku elektronik (e-book) diharapkan akan meningkatkan literasi dan meningkatkan jumlah pelajar maupun masyarakat yang berkunjung ke perpustakaan Sidoarjo

“Sekarang ini semuanya serba digitalisasi dan serba visual, termasuk dalam menunjang literasi pelajar dan masyarakat. Belum banyak perpustakaan daerah lain yang memiliki fasilitas bioskop edukasi seperti yang kita miliki ini, untuk meningkatkan minat baca pelajar, kita sudah siapkan 18 motor pintar yang tiap hari akan keliling ke sekolah-sekolah”, ujarnya.

Bupati Saiful Ilah berharap, semoga dengan tambahnya sarana dan prasarana tersebut akan menambah sarana edukasi serta minat baca bagi seluruh elemen masyarakat.

“Sehingga dengan sarana dan prasarana ini akan mendorong peningkatan literasi bagi masyarakat,”tuturnya. (cles)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *