Tim Saber Pungli Sidoarjo Kedepankan Tindakan Pencegahan Terhadap Praktek Pungli

Januari 9, 2019

(SIDOARJOterkini) – Tim Saber Pungli Sidoarjo tahun ini lebih memfokuskan untuk pekerjaan tindakan pencegahan terjadinya Pungli (Pungutan Liar). Hal tersebut diungkapkan oleh Sekretaris Saber Pungli Sidoarjo Andjar Surjadianto, S.Sos, usai melakukan Rapat Koordinasi, di Aula Delta Wicaksana Setda Sidoarjo, Selasa, (8/1/2019).

Dijelaskan Andjar, pencegahan Pungli tetap menjadi fokus program kegiatan timnya. Tim Saber  Pungli Sidoarjo yang terdiri dari unsur Kejaksaan, Kepolisian, Kodim, Inspektorat, BKD maupun Satpol PP Sidoarjo ini selalu berupaya mencegah terjadinya Pungli kepada masyarakat. Kegiatan pencegahan Pungli dapat berupa sosialisasi maupun kegiatan pencegahan yang sifatnya on the spot.

“Tahun 2019 ini kita mencoba tetap mengedepankan pencegahan itu,”ujarnya.

Nantinya, lanjut Andjar Tim Saber  Pungli Sidoarjo tidak hanya melakukan pencegahan Pungli yang hanya bersifat formal saja. Pengaduan masyarakat terkait Pungli akan ditindaklanjuti sebagai upaya menghentikan praktek Pungli. Namun upaya penindakan tetap dilakukan apabila ada oknum yang masih melakukan Pungli meski sudah diingatkan.

“Pada saat menerima pengaduan itu kita berkordinasi, kita lakukan pencegahan dengan mengingatkan yang bersangkutan,”ucapnya.

Kategori Pungli merupakan pengenaan biaya yang tidak diatur dalam peraturan pemerintah. Sepanjang biaya tersebut tidak diatur dalam Perda maupun Perdes maka biaya pelayanan di suatu pemerintahan gratis.

“Prinsipnya sepanjang itu (biaya) tidak diatur didalam Perda atau mungkin beberapa desa itu ada perdesnya, ya pada prinsipnya tanpa biaya,”tegas Mantan Camat Balongbendo ini.

Untuk diketahui Kantor Sekretariat Tim Saber Pungli Sidoarjo berada di lantai 2 gedung Pemkab Sidoarjo Jalan Gubernur Suryo 1 Sidoarjo. Masyarakat dapat melaporan langsung tindak kegiatan yang ditenggarai Pungli ke Kantor Sekretariat Tim Saber Pungli Sidoarjo. Selain melakukan pelaporan langsung, masyarakat juga dapat melaporkan via telepon. Nomer telepon pengaduannya 031 8923249 maupun SMS Center 0821-1895-4888 atau bisa juga melalui email : sidoarjosaberpungli@gmail.com. (cles)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *