Langkah Inspiratif Ibu Rumah Tangga Asal Perum BCF Sidoarjo Yang Raup Keuntungan Jutaan Rupiah Dari Sandal Japit

November 8, 2018
Ekbis Headline Indeks   490 views

(SIDOARJOterkini) – Lesunya perekonomian saat ini menjadikan seseorang lebih kreatif untuk sekedar berusaha dalan menggulirkan roda kehidupan yang harus terus berputar.

Tin Harnanik (44) ibu rumah tangga warga Perumahan Citra Fajar Golf blok A3000/B3036 Desa Gebang Kecamatan Sidoarjo Kota ini dengan memanfaatkan ketrampilannya menghias sandal japit ini mampu meraup keuntungan hingga Jutaan rupiah setiap bulannya.

Bermula dari sekedar iseng namun setelah permintaan akan dagangan sandal japitnya terus mengalami peningkatan barulah perempuan ini menekuninya. Sandal japit yang umumnya dipakai sebagai alas kaki ketika waktu santai atau kegiatan non formal ini disulapnya menjadi barang bernilai tinggi yang diminati konsumen hingga mancanegara.

Dipasaran sandal japit biasa dijual seharga Rp.5000 rupiah hingga Rp.15.000 per pasang namun ditangan Tin Harnanik sandal japit tersebut akan bisa terjual hingga Rp 25.000 hingga Rp 45.000 per pasangnya, setelah dimodifikasinya dengan berbagai hiasan.

“Empat tahun lalu ide ini muncul, saat itu sedang ngetrend sandal japit dengan gambar kartun,”ujarnya.

Dari sinilah dirinya mulai mencoba menghias sandal japit dengan berbagai hiasan yang lebih menarik pada alasnya saja dengan kain katun Jepang dan batik namun setelah dimodifikasi kini sandal japit ditambah dengan ornamen bunga di atasnya sehingga terlihat indah bila dilihat. Bahan baku yang dibutuhkan juga gampang dicari sehingga memudahkannya untuk berkreasi sesuai dengan permintaan pasar.

“Bahan bakunya tentu saja sandal japit, kain katun jepang dan batik, dacron untuk hiasan bunga, pita dan lem,” ujarnya.

Kain katun atau batik yang sudah dipotong sesuai ukuran sandal lantas ditempelkan dengan lem di atas permukaan sandal. Selanjutnya ditambahi hiasan bunga dari Dacron dan di tempel pita di sekeliling sandal. Proses akhir yakni dengan melilit japitan kaki dengan pita agar semakin cantik.

Untuk pemasaran, awalnya ibu tiga anak ini menjual di kaki lima seputaran jalan Gading Fajar Sidoarjo. Namun atas inisiatif putra putrinya pemasaran kini melalui online instagram dan facebook. Ternyata respon dari konsumen cukup banyak sehingga dirinya tak kuasa menolak ketika sebuah gallery seni di Bali memintanya rutin mengirim sandal hias produknya. Bahkan permintaan juga datang dari seorang konsumen Jerman yang meminta 12 pasang sandalnya. Selain di Bali, produknya juga dikirim ke Palembang, Bau-Bau, Medan, dan Lamongan. Kini dirinya yang hanya dibantu 1 putri dan 1 orang karyawan mampu memproduksi sandal sebanyak 100 pasang per minggu.

Produknya yang diberi label Anies Craft kini mempunyai omset berkisar 10 juta rupiah perbulan. Dirinya masih berharap kepada pihak terkait agar membantu usahanya dengan menggulirkan bantuan modal agar semakin berkembang.

“Saya berharap dapat bantuan modal agar usaha saya bisa berkembang lebih besar lagi,” pungkas Ika.(cles)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *