Mengaku Polisi, Pengangguran Asal Tulangan Diringkus Polisi Usai Tipu Korbannya

November 6, 2018

(SIDOARJOterkini) – Satreskrim Polresta Sidoarjo berhasil mengungkap kasus penipuan dan penggelapan dengan modus menjanjikan sebuah pekerjaan kepada korbannya dan meminta imbalan uang.

Adalah Suhermanto (36) Jalan Flamboyan Desa Kepunten Kec. Tulangan Sidoarjo, Pria pengangguran ini berhasil memperdaya beberapa korbannya dengan menjanjikan bisa memasukkan kerja ke beberapa instansi dengan meminta sejumlah uang.

“Saat ini sudah ada tiga laporan yang masuk terkait aksi penipuan yang dilakukan tersangka ,”ujar Kasatreskrim Polresta Sidoarjo Kompol Muhhammad Harris Saat merilis kasus ini di Mapolresta Sidoarjo,  Selasa (6/11/2018).

Diungkapkan Harris, Tersangka ini telah melakukan penipuan dibeberapa tempat dan aksinya juga dilakukan sampai luar kota. Adapun modus yang dijalankan untuk meyakinkan korbannya, tersangka ini  diantaranya menyaru sebagai anggota Polisi dan pegawai Pemkot Surabaya.

“Adapun pekerjaan yang ditawarkan ke korban diantaranya sebagai pegawai parkir di Bandara Juanda dan karyawan pabrik rokok Gudang Garam, “ucapnya.

Ditegaskan Harris,  kedok dari penipuan yang dilakukan tersangka ini terbongkar setelah salah satu korban B O (22) warga  Tulangan Sidoarjo yang dijanjikan pekerjaan sebagai tukang parkir di Bandara Juanda tidak juga bekerja padahal sudah menyerahkan uang senilai Rp 4 Juta kepada tersangka dan korbanpun akhirnya melaporkan ke pihak kepolisian

“Dari pelaporan korban inilah kita bergerak cepat untuk memburu tersangka ini, “ujarnya.

Tersangka berhasil diringkus saat berada di jalan kawasan Tulangan. Sejumlah barang bukti diantaranya sejumlah uang, pakaian Polri, HP dan beberapa dokumen dan surat perjanjian disita petugas.

“Tersangka akan kita jerat dengan Pasal 378, 372 KUHP tentang tindakan penipuan dan penggelapan, “tandasnya. (cles)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *