Dinas Koperasi Dan Usaha Mikro Gelar Uji Kompetensi Para Juru Buku Kosipa

Oktober 29, 2018

(SIDOARJOterkini) – Upaya untuk meningkatkan kualitas tata kelola bagi para pengelola juru buku koperasi simpan pinjam (Kosipa)  dilakukan oleh Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Sidoarjo dengan menyelenggarakan bimbingan teknis dan uji kompetensi di Sun City, Senin (29/10/2018).

“SKKNI wajib kita fasilitasi untuk pengelola koperasi khususnya pada hari ini bagi tenaga juru buku koperasi,” kata Erna Kusmawati Kepala Bidang Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Sidoarjo.

Ditambahkan Erna dalam Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI), mereka para peserta akan dilakukan bimbingan teknis selama dua hari.

“Untuk Bimtek kami bekerjasama  Lembaga Diklat Profesi Mitra Sukses dari Probolinggo,”ujarnya.

Lebih lanjut, setelah itu para peserta selesai Bimtek, akan dilakukan uji sertifikasi. Yang mana pihaknya sudah bekerjasama dengan lembaga sertifikasi profesi KJK Jakarta.

“Peserta dinyatakan lulus apabila mampu lulus dalam semua materi yang diujikan dan akan dinyatakan sebagai juru buku yang kompeten,” tukasnya.

Dijelaskannya, Bimtek tersebut diikuti 50 orang peserta dari Kabupaten Sidoarjo. Yang terdiri dari koperasi simpan pinjam, koperasi serba usaha, koperasi karyawan dan koperasi wanita.

“Harapan kami jika koperasi dikelola orang yang kompeten, maka akan dipercaya masyarakat,” pungkasnya.(cles)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *