Inilah Yang Disampaikan Petugas Basarnas Kepada Siswa SDI Aulia Prambon Apabila Terjadi Gempa

Oktober 23, 2018

(SIDOARJOterkini) – Pasca terjadinya gempa dibeberapa wilayah Indonesia, membuat berbagai pihak untuk memberikan sosialisasi antisipasi apabila terjadi bencana gempa.

Hal tersebut seperti yang dilakukan Sekolah Dasar Islam (SDI) Aulia Prambon Sidoarjo yang bekerjasama dengan Basarnas Surabaya. Saat sirine tanda gempa dibunyikan para siswa-siswipun berhamburan keluar sekolah sambil melindungi kepala dengan tas mereka sesuai petunjuk yang diberikan oleh petugas Basarnas.

Menurut Kepala SDI Aulia Prambon, Ali Murtadho, pihaknya ingin memberikan ilmu baru kepada para siswa tentang sosialilasi penanggulangan gempa ini, sehingga apabila terjadi gempa di sekolah mereka tidak panik karena sudah memiliki ilmunya,

“Merekapun akan mengerti tentang apa saja yang harus dilakukan saat terjadinya gempa dan setelah gempa,”ujar Murtado, Selasa (23/10/2018).

Diungkapkannya, sebelum simulasi bencana dimulai,  beberapa petugas dari Basarnas menyampaikan materi yang harus dilakukan apabila terjadi gempa. Barulah acara simulasi terjadinya gempa dimulai.

“Langkah pertama yang mereka lakukan adalah melindungi kepala mereka bisa dengan tas atau apapun. Selain itu anak-anak juga diajari untuk menolong korban gempa dengan menggunakan tandu,” pungkasnya.

Kegiatan seperti ini baru pertama kali dilakukan di SDI Aulia jalan Ronggolawe No. 01 Prambon Sidoarjo ini dengan tujuan memberikan edukasi kepada para siswa apabila terjadi bencana gempa, sehingga pada saat terjadi bencana, mereka tidak terlalu panik dan selalu waspada.

“Kegiatan seperti ini sangat penting dilakukan mengingat banyaknya terjadi bencana akhir-akhir ini, “pungkasnya. (cles)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *