Sidoarjo Positif Dan Lapindo Brantas Inc. Menjadi Motivator Berwirausaha Ibu-Ibu Desa

September 30, 2018

 

(SIDOARJOterkini) – Lapindo Brantas Inc bersama Komunitas Sidoarjo Positif mengadakan pelatihan wirausaha untuk warga di tiga desa wilayah operasi Kecamatan Tanggulangin yakni Desa Penatarsewu, Kalidawir dan Kedungbanteng. Kegiatan dengan tema “Kiat Sukses jadi Wirausaha Melalui Bisnis Kue Kering” itu digelar di tiga balai desa setempat pada 26-29 September 2018.

Kegiatan pelatihan yang diikuti oleh ibu-ibu tersebut mendatangkan  pembicara dari Association Bussiness Developtment Services Indonesia (ABDSI) Sucipto. Tidak hanya dimotivasi menjadi  wirausaha handal. Para ibu-ibu  ini  juga mendapatkan pelatihan langsung cara membuat kue kering dari sejumlah praktisi wirausaha kue kering seperti pemilik Harum Bakery, Tik, Ananta Cake dan Umi Cookies.

“Saya senang bisa mengikuti pelatihan ini, karena selain menambah wawasan atau ilmu, juga bisa memotivasi warga belajar berwirausaha dan bisa langsung praktek,” kata Rina Elyawati (35) warga Desa Penatarsewu, Sabtu (29/9/2018).

Menurutnya,  bila hal ini bisa dilakukan sesuai apa yang didapat dari pelatihan ini maka dirinya yakin pendapatan keluarga akan bisa bertambah.

“Apalagi kita sudah mendapatkan pelatihan pemasaran melalui online, jadi tinggal praktekkan saja, “ujarnya.

Diungkapkan juga oleh Sekretaris Desa Penatarsewu Heri, dirinya mengapresiasi apa yang sudah dilakukan oleh anak-anak muda ini dalam memberikan arahan dari berbagai pelatihan. Saat ini hampir semua Ibu-ibu memegang ponsel, cara pemasaran melalui online juga sudah pernah didapatkan.

“Daripada HPnya untuk hal-hal yang tidak perlu kan lebih baik digunakan untuk memasarkan produk kue kering secara online, “ungkapnya

Sementara itu Sucipto dari ABDSI menyatakan, ini hal yang bagus memberikan pembinaan kewirausahaan terhadap ibu-ibu desa. Dan pihaknya berharap pelatihan seperti ini bisa dilakukan secara berkelanjutan, apalagi para ibu-ibu sangat antusias mengikuti pelatihan.

“ABDSI akan siap memberikan pendampingan ibu-ibu  dalam membuka kelompok usaha mandiri,”tegasnya.

Pendiri Sidoarjo Positif, Satya Adhi Wicaksana mengatakan, apa yang sudah dilakukannya bersama Lapindo Brantas Inc  ini untuk mendorong warga di sekitar wilayah operasi agar bisa menjadi wirausaha. Pelatihan seperti ini akan lebih bermanfaat dibandingkan bantuan barang apalagi uang.

“Memberi pelatihan dan memotivasi warga berwirausaha, ibarat kami memberi kail, bukan sekadar ikan,” kata Satya, Minggu (30/9/2018).

Sebelumnya Sidoarjo Positif bersama Lapindo juga pernah menggelar seminar kesehatan dan pemeriksaan kesehatan gratis untuk warga pada awal Mei 2018 lalu. Tema seminar kesehatan di antaranya menyoroti penyakit diabetes, kolesterol, gula darah dan rematik. Nama-nama persoalan kesehatan ini banyak diderita masyarakat akibat kurang pahamnya pencegahan dan penanganan yang baik. (cles)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *