Banyak Permintaan, PMI Sidoarjo Kekurangan Stok Darah Golongan A

September 30, 2018

 

(SIDOARJOterkini)-Stok golongan darah A di unit transfusi darah (UTD) palang merah Indonesia (PMI) Kabupaten Sidoarjo menipis. Hal itu terjadi karena tingginya permintaan golongan darah A. Tidak hanya dari Sidoarjo sendiri namun permintaan juga dari luar kota.

 

Humas UTD PMI Kabupaten Sidoarjo Yusni Adi Prawinto mengatakan, menipisnya stok golongan darah A sudah dirasakan sejak sebulan terakhir. “Saat ini persedian golongan darah A tinggal kurang lebih 100 kantong,” kata Adi saat dikonfirmasi, Minggu (30/9/2018).

Adi melanjutkan, kondisi menipisnya stok golongan darah A tidak hanya dirasakan di Sidoarjo saja. Namun hampir merata seluruh Jawa Timur juga merasakan. “Kalau tahun kemarin golongan darah B panen permintaan. Tapi sekarang golongan darah A,” tutur Adi kepada Sidoarjoterkini.com

 

Untuk mengatasi menipisnya stok golongan darah A, UTD PMI Kabupaten Sidoarjo terus melakukan dan meningkatkan kegiatan jemput bola donor darah. “Tetap melaksanakan kegiatan donor darah. Dan bus donor darah yang biasanya hari Minggu libur sekarang tetap buka di GOR Sidoarjo,” terangnya.

 

Untuk itu, pihaknya terus menghimbau bagi masyarakat ataupun instansi yang ingin mendonorkan darah bisa dilakukan segera. Mengingat menipisnya stok darah terutama golongan darah A yang masih tinggi permintaannya. Sedangkan layanan donor dibuka mulai pukul 08.00 sampai 20.00. (amr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *