CSR Lapindo Brantas Inc. Dongkrak Perekonomian Warga Kedungbanteng

September 22, 2018
Ekbis Indeks   1.1K views

 

(SIDOARJOterkini) – Corporate Social Responsibility (CSR) yang sudah diberikan oleh Lapindo Brantas Inc. kepada warga Desa Kedung Banteng Kecamatan Tanggulangin berdampak besar terhadap kemajuan perekonomian warga.

Dana CSR tahun 2018 yang disalurkan ke desa ini selain untuk pembangunan  infrastruktur desa,  perbaikan saluran air pertanian, pembuatan pondasi penahan jalan, gorong-gorong hingga peninggian dua areal makam Islam, juga untuk pembangunan pemberdayaan masyarakat desa dengan berbagai pelatihan seperti pembuatan kue, budidaya ikan dan penyuluhan kesehatan.

Lapindo juga membangun aliran gas untuk 850 sambungan rumah di desa setempat yang sudah tiga tahun berjalan. CSR Lapindo membebaskan biaya pemasangan instalasi pipa ke masing-masing rumah penduduk, termasuk kompor gasnya.

Sekretaris Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Kedungbanteng Istafuddin (47) mengatakan, bantuan CSR Lapindo ini diberikan setiap tahun dan dirasakan manfaatnya oleh warga. Istafuddin sangat menyayangkan apabila ada pihak yang menyebut Lapindo tidak pernah memberikan bantuan CSR di Desa Kedungbanteng.

“Saya tidak tahu pasti berapa nilainya, tapi di tahun 2018 ini saja nilai CSR itu bila diuangkan hampir Rp1 miliar,” kata Istafuddin, Jumat (21/9).

 

Dana CSR 2018 yang diberikan kepada warga Desa Kedungbanteng dalam bentuk program perbaikan infrastruktur desa, perbaikan saluran air pertanian, pembuatan pondasi penahan jalan, gorong-gorong hingga peninggian dua areal makam Islam.

Lapindo juga memenuhi keinginan sejumlah pihak yang ingin memberdayakan masyarakat desa setempat dengan melakukan pelatihan pembuatan kue, tempat pelatihan perikanan darat hingga upaya perbaikan lingkungan dan penyuluhan kesehatan.

Selain itu, Lapindo juga membangun aliran gas untuk 850 sambungan rumah di desa setempat yang sudah tiga tahun berjalan. CSR Lapindo membebaskan biaya pemasangan instalasi pipa ke masing-masing rumah penduduk, termasuk kompor gasnya.

Sekretaris Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Kedungbanteng Istafuddin (47) mengatakan, bantuan CSR Lapindo ini diberikan setiap tahun dan dirasakan manfaatnya oleh warga. pihaknya sangat menyayangkan apabila ada pihak yang menyebut Lapindo tidak pernah memberikan bantuan CSR di Desa Kedungbanteng.

“Saya tidak tahu pasti berapa nilainya, tapi di tahun 2018 ini saja nilai CSR itu bila diuangkan hampir Rp1 miliar,” kata Istafuddin, Jumat (21/9).

Hal senada disampaikan Kepala Desa Kedungbanteng Tohirin, CSR yang diberikan selama kepada desanya sangat membantu dalam mendongkrak kehidupan perekonomian warganya. Berbagai pembangunan infrastruktur desa juga sangat berdampak terhadap kemajuan desa ini.

“Seperti yang sudah dilakukan, dari CSR ini dibuatlah tempat pelatihan perikanan darat. Kawasan desa Kedungbanteng ini kalau musim penghujan sering banjir. Karena itulah petani banyak yang ingin mengubah sawahnya menjadi tambak, dan ini difasilitasi oleh Lapindo,”ucap Kades Kedungbanteng.

Humas Lapindo Brantas Inc. Moh Ihwan mengatakan, bantuan CSR tersebut sebagai tanggung jawab sosial perusahaan terhadap warga. Tanggung jawab kepedulian pada warga itu dilakukan lewat bantuan CSR yang dilakukan setiap tahun. Pihaknya selama ini selalu melakukan koordinasi dengan pihak masyarakat dan pemerintahan desa, untuk mengetahui apa yang dibutuhkan dan berdampak pada masyarakat banyak. Hal itu perlu dilakukan agar bantuan CSR yang disalurkan bisa tepat sasaran bermanfaat bagi warga keseluruhan.

“Intinya Lapindo ingin hadir di tengah masyarakat terutama bagi warga di sekitar lokasi pengeboran,” kata Ihwan, Sabtu (22/9).

Di Desa Kedungbanteng ini ada tiga sumur gas milik Lapindo yaitu Tanggulangin 1, Tanggulangin 2 dan Tanggulangin 4. Namun hanya dua sumur yang berproduksi, karena sumur Tanggulangin 4 tidak keluar gasnya. Lapindo mulai beroperasi di desa ini sejak 2001 silam. Selain di Desa Kedungbanteng, Lapindo juga memiliki dua sumur di Desa Kalidawir Kecamatan Tanggulangin. Terdiri dari sumur Tanggulangin 3 dan 5. (cles)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *