Copet Ini Berhasil Digulung Polisi Saat Menggasak HP Dengan Menyaru Sebagai Keluarga Pengantar CJH

September 18, 2018

(SIDOARJOterkini) – Unit Pidana Umum Satreskrim Polresta Sidoarjo berhasil meringkus Eko Irianto (60) warga Kelurahan Kendangsari, Kecamatan Tenggilis Mejoyo, Kota Surabaya, setelah kedapatan mencopet sebuah telepon selular disela acara pemberangkatan haji di alun-alun Sidoarjo.

“Tersangka ini sudah sering jalankan aksi mencopetnya bahkan tersangka sudah jalankam aksinya di sejumlah kota dan propinsi, “ucap Kasatreskrim Polresta Sidoarjo Kompol Muhammad harris, saat merilis tersangka di halaman Mapolresta Sidoarjo,  Selasa (18/9/2018).

Diungkapkan Harris, dengan berbekal baju kok, topi putih dan tas kecil tersangka ikut berdesakan dengan para calon jamaah haji dan para keluarga pengantar. Disaat berdesakan memasuki pendopo Itulah tersangka berhasil mencopet sebuah HP milik salah satu keluarga calon jamaah haji.

“Tersangka berhasil ditangkap oleh anggota usai berhasil mengambil HP milik Yeni Purwati Warga Durung bedug Candi yang mengantar keluarganya berhaji, “ungkapnya.

Sebenarnya, gelagat dari tersangka sudah diawasi oleh anggota yang memang disebar di acara pemberangkatan haji tersebut.

“Begitu tersangka ini beraksi anggota langsung menyergapnya,”ujarnya.

Di depan penyidik Satreskrim Polresta Sidoarjo, tersangka yang merupakan seorang residivis ini mengakui sudah sering kali menjalankan aksi mencopetnya. Bahkan untuk mencari mangsa dia rela keliling jawa timur, bahkan jawa tengah.

“Selain beroperasi di Surabaya dan Sidoarjo, Eko ini, kalau operasi sampai luar kota, seperti Lamongan, Madiun, Solo,”ungkapnya.

Bersama tersangka anggota mengamankan barang bukti berupa HP Oppo warna putih, baju koko putih dan tas kecil hitam serta topi peci warna putih.

“Tersangka dijerat pasal 362 KUHP tentang Pencurian. Ancaman hukumanya 5 tahun penjara,”pungkas Harris.  (cles)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *