Inilah Tanggapan Warga, Terkait Eksplorasi Migas Di Jombang

Agustus 24, 2018
Ekbis Indeks   167 views

 

(JOMBANG) – Warga Desa Blimbing, Kecamatan Kesamben, Kabupaten Jombang, berharap kerja sama denga Lapindo Brantas Inc terkait rencana eksplorasi migas di desanya, bisa berimbas pada kesejahteraan ekonomi.

Warga menganggap eksplorasi migas merupakan kepentingan negara untuk pemenuhan kebutuhan energi nasional.

“Saya pribadi mendukung kegiatan pengeboran itu dan saya ingin ketika nanti berhasil, desa ini jadi desa yang maju dan mandiri. Kalau begitu kan nanti bisa enak, warga bisa hidup sejahtera, tanpa ada kekurangan,” ujar Nur Maryamah (32), salah satu ibu rumah tangga Desa Blimbing, pada sejumlah jurnalis, Senin (20/8/2018).

Pemenuhan kebutuhan energi nasional pada dasarnya ialah untuk digunakan masyarakat jangka panjang.

“Ini kan agenda pemerintah, tentu untuk masyarakat dan akan bermanfaat bagi anak cucu kita di masa yang akan datang,” terang Toyo, salah satu tokoh pemuda Desa Blimbing.

Meski demikian, dari rencana ekplorasi para warga juga tetap menginginkan adanya kerja sama yang baik antar warga dan pihak Lapindo. Salah satu aktifis Forwapala asal desa setempat, meminta Lapindo tetap harus memikirkan baik buruknya baik keamanan dan kualitas kerjanya.

“Langkah pemerintah melakukan eksplorasi pasti mempunyai alasan kuat. Pihak pelaksana pengeboran sudah pasti menghitung sebab akibat dari adanya eksplorasi yang akan dilakukan. Jadi ekplorasi ini jelas tanpa alasan kosong. Baik buruknya , kualitas keamanan dan kualitas kerjanya pasti sudah dihitung dengan matang,” papar Syafii aktifis Forwapala.

Sementara itu Kepala Desa Blimbing Kholidi  mengatakan,  pihaknya menghimbau pada warganya untuk selalu mendukung kegiatan yang dilakukan oleh pemerintah, termasuk kegiatan eksplorasi oleh Lapindo.

“Mari kita dukung eksplorasi di Desa Blimbing karena kegiatan ini merupakan kepentingan nasional, yang nantinya memberikan dampak positif bagi warga, seperti pemberdayaan masyarakat,” tukasnya.

LSM Forum Silahturahmi Lintas Dusun (Forsilad) di Desa Blimbing juga mendukung hal yang sama atas manfaat yang akan diterima warga.

“Kami mendukung penuh, semoga manfaat yang baik yg kami dapat,” tutur Diak,  Ketua Umum Forsilad.

Terkait eksplorasi di Jombang, saat ini Lapindo Brantas Inc bersama SKK Migas sudah masuk pada tahap persiapan/DSP dengan standar keselamatan dan kesehatan kerja serta lingkungan mengacu SNI (cles) .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *