Tim Kemenkeu dan Kemen Pemberdayaan Perempuan Lihat Fasilitas PUG di KPP Madya Sidoarjo

Agustus 17, 2018
 
(SIDOARJOterkini) – Tim penilai dari Kementerian Keuangan dan Kementerian Pemberdayaan Perempuan mendatangi Kantor Pelayanan Pajak Madya Sidoarjo,  Selasa (14/8/2018), lalu. Tim ingin melihat secara langsung fasilitas untuk Program Pengarusutamaan Gender (PUG).
Kunjungan tim ini merupakan tindaklanjut untuk penilaian lomba PUG di lingkungan kementerian keuangan. KPP Madya Sidoarjo mewakili DJP Jatim II.
Fasilitas PUG yang ada di KPP Madya Sidoarjo sudah bagus. Dengan demikian bisa dimanfaatkan oleh wajib pajak yang sedang berkepentingan di kantor pajak itu.
Kepala KPP Madya Sidoarjo Teguh Iman Wirotomo mengatakan dengan PUG, dia berharap bisa melayani dengan baik sesuai kebutuhan stakeholder.”
implementasi PUG kita bisa melayani semua stakeholder sesuai dengan porsinya,” ujarnya usai mendampingi tim penilai PUG dari Kemenkeu dan Kementerian Pemberdayaan Perempuan.
Teguh menjelaskan, semua sarana dan prasarana yang disediakan manfaatnya bisa diakses semua stakeholder. Tidak ada wajib pajak yang akan mengalami kesulitan dalam melaksanakan kewajibannya.
 
Wajib pajak jadi merasa nyaman dan tidak perlu merasa khawatir jika datang ke KPP Madya Sidoarjo. “Dengan pelayanan yang sudah mengimplementasikan PUG diharapkan WP merasa nyaman. Dengan demikian kepatuhan sukarela meningkat,” tandas Teguh.
Setelah itu, lanjut Teguh,  pada gilirannya juga diharapkan kepatuhan pembayaran juga meningkat. Imbasnya target KPP Madya Sidoarjo bisa diamankan.
Sebelumnya,  KPP Madya Sidoarjo melaunching “Implementasi Program Pengarusutamaan Gender (PUG)” di kantor Direktorat Jenderal Pajak (DJP) kanwil Jatim II jalan Juanda Sidoarjo. Program itu sebagai bentuk responsive gender dalam rangka menciptakan keadilan dan kesetaraan bagi Wajib Pajak.

Implementasi PUG di KPP Madya Sidoarjo ini sebagai perwujudan komitmen bersama seluruh pegawai KPP Madya Sidoarjo yang bersinergi dengan para stakeholder untuk bersama-sama menjunjung tinggi keadilan dan kesetaraan, sesuai dengan tema PUG KPP Madya Sidoarjo yaitu SELARAS (Setara dalam Rasa). Implementasi PUG di KPP Madya Sidoarjo ini diwujudkan dengan banyaknya fasilitas yang dapat dinikmati oleh berbagai macam kalangan, tanpa membedakan kelas ekonomi dan jabatan apapun.

Fasilitas PUG, diantaranya, tempat parkir khusus pengendara sepeda, ruang tunggu sopir dan driver online, tempat parkir prioritas (bagi manula, ibu hamil, disabilitas), kids corner, charging station, perpustakaan, pojok minum (fasilitas minuman gratis : teh, kopi dan susu), tempat duduk dan loket bagi wajib pajak prioritas, poliklinik, nursery room, ruang inspirasi dan gallery batik.

“Misalnya, WP yang sedang hamil hendak membayar pajak. Sedangkan dia cari parkir susah, maka kita sediakan parkir prioritas disini. Begitu juga bapak-bapak atau ibu yang menderita sakit, kita sudah ada ruang tunggu prioritas. Harapannya, bisa memenuhi kebutuhan semua pihak demi peningkatan kualitas pelayanan secara internal maupun eksternal,” terang Teguh.

Adapun Fasilitas tambahan yang menjadi keunggulan KPP Madya Sidoarjo dibandingkan dengan instansi lain yang sama-sama mengimplementasikan PUG adalah Taman Trowulan, yaitu berupa ruang terbuka hijau yang terletak di lantai 2 (rooftop). Taman Trowulan sengaja dijadikan tempat yang nyaman untuk melakukan berbagai macam kegiatan, baik yang berhubungan dengan pekerjaan ataupun dalam bersosialisasi.

“KPP Madya Sidoarjo menjunjung tinggi Activity Based Working, dimana dalam melakukan pekerjaannya, para pegawai tidak harus dilakukan di ruangan tertutup yang formal, tapi bisa dilakukan dimana saja di dalam lingkungan kantor, sehingga kenyamanan dan kualitas pekerjaan dapat lebih ditingkatkan dengan adanya efek psikologis dari timbulnya rasa nyaman,” tambah Teguh.

Dalam kebijakan responsive gender, KPP Madya Sidoarjo juga telah melakukan kerjasama dengan beberapa pihak terkait penyelenggaraan fasilitas yang mengimplementasikan pengarusutamaan gender, salah satunya,  Puskesmas Gedangan Sidoarjo, hal ini untuk mendapatkan prioritas pelayanan dari Puskesmas Gedangan Sidoarjo, seperti, kondisi darurat baik yang kemungkinan akan dialami oleh para stakeholder ataupun oleh pegawai KPP Madya Sidoarjo selama jam kerja.(st-12).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *