Sambut Idul Qurban, DP3 Gelar Kontes Ternak

Agustus 8, 2018

 

(SIDOARJOterkini) – Sapi ekstrem milik H. Achmad Warga desa Banjar Bendo dengan berat 1075 Kg akhirnya oleh juri diputuskan sebagai pemenang pada Kontes Ternak dan Expo Peternakan yang digelar Dinas Peternkan Pangan dan Pertanian (DP3) Kabupaten Sidoarjo di Puspa Agro Taman. Rabu (8/8/2018).

Dalam sambutannya Kepala DP3 Kabupaten Sidoarjo Ir Handajani menyatakan, kontes ternak dan expo peternakan ini diikuti sebanyak 120 ekor ternak yang terdiri dari kategori sapi 48 ekor, dan untuk kambing 71 ekor yang merupakan milik para peternak dari seluruh kecamatan yang ada di kabupaten Sidoarjo,

“Tim juri berasal dari Fakultas Kedokteran Hewan, Balai Besar Inseminasi Buatan (BBIB) Singosari, Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur, dan Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Sidoarjo,”jelas Ir Handajani.

Kegiatan ini juga merupakan upaya dari DP3 Sidoarjo dalam menunjang kegiatan Upaya Khusus Sapi Wajib Bunting (UPSUS SIWAB)untuk peningkatan populasi sapi secara berkelanjutan.

“Dengan memaksimalkan indukan dalam menghasilkan anak untuk menuju swasembada daging,”ujarnya.

Bupati Sidoarjo Saiful Ilah, SH, M.HUM,  menyambut baik kegiatan ini karena bisa memotivasi semua peternak untuk memperbaiki mutu bibit yang lebih baik untuk meningkatkan populasi produksivitas ternak di wilayah Kabupaten Sidoarjo.

“Apalagi  sebentar lagi akan menyambut Hari Idul Adha tahun 1439 Hijriyah, Dimana kebutuhan hewan ternak akan meningkat untuk kurban,”ucapnya sebelum membuka acara kontes ternak.

Ditambahkan Saiful, pihaknya menghimbau kepada seluruh peternak agar memperhatikan petunjuk dan arahan dari Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Sidoarjo maupun petugas Teknis Peternakan agar peternak dapat mengembangkan dan membudidayakan ternaknya dengan baik dan populasinya dapat meningkat.

“Saya berharap ada peran investor yang bermitra dengan peternak agar usaha ternaknya bisa berkembang dengan pesat, ” tandas Bupati. (cles)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *