Legislatif Butuh Penyegaran Dengan Hadirnya Kaum Muda

Juli 16, 2018

 

Mochammad Solichul Umam saat pengurusan berkas persyaratan pencalegan (*cles)

 

(SIDOARJOterkini) – Banyaknya kaum muda yang mulai merambah dunia politik yang notabene sebagai sarana dalam menyuarakan aspirasi rakyat, salah satunya dengan menjadi calon legislatif baik tingkat kabupaten/kota, Provinsi maupun Pusat.

Seperti halnya yang saat ini dilakukan salah satu putra Sidoarjo Mochammad Solichul Umam yang akan mendaftar sebagai Calon Legislatif DPRD Jawa Timur  Dapil 2, menurutnya menjadi seorang legislator, tentunya tidak semudah saat memiliki ambisi hanha untuk duduk di kursi kedewanan saja. Melainkan bagaimana menjalankan fungsi legislatif sebagaimana mestinya. Sehingga apa yang menjadi keinginan masyarakat dapat tercapai.

“Legislatif butuh penyegaran. Saatnya para pemuda yang meneruskan perjuangan rakyat,” ujar Pria yang disapa Umam saat mengurus Surat Keterangan bebas pidana di Pengadilan Negeri Sidoarjo beberapa waktu lalu.

Diungkapkan Mochammad Solichul Umam,  menjadi seorang legislator tidak terlepas dari tiga fungsi yang harus dijalankan. pembuat perda, penganggaran (budgeting), dan kontrol (controlling) terhadap jalannya pemerintahan. Dari pengamatannya selama ini, peran legislatif sudah bagus. Hanya saja legislatif saat ini cenderung memerankan dua fungsi.

“Sebenernya sudah bagus ada beberapa perda yang dihasilkan, begitupun dari penganggaran. Namun perlu perbaikan di fungsi kontrol. Dan ini tidak hanya terjadi dilingkup Jatim saja, tapi sudah merata hingga di Pusat. Legislatif cenderung memerankan dua fungsi saja. Perda sudah dibikin, anggaran sudah disesuaikan, tapi kontrolnya tidak ada,” terangnya.

Sehingga yang terjadi, lanjut Ketua DPW Gerakan Mahasiswa  Satu Bangsa (Gemasaba) Jawa Timur, banyak terjadinya kecurangan-kecurangan. Dan program pemerintah daerah juga banyak yang tidak tepat sasaran. Nah, menyikapi hal itu maka dibutuhkan penyegaran bagi posisi legislatif.

“Yang paling memungkinkan saat ini  ya pemuda. Makanya Kalau ada pemuda yang idealisme nya masih kuat, silahkan daftar menjadi caleg. terutama mereka yang masih berkeinginan  memperjuangkan nasib rakyat  Tentunya bukan sekedar posisinya saja yang menjadi caleg. Tapi bagaimana menjalankan fungsi nya untuk memperjuangkan hak-hak kerakyatan,” tegasnya.

Ia menceritakan, untuk memperjuangkan nasib rakyat, salah satu upayanya melalui system. Kegiatan-kegiatan yang sifatnya seperti demonstrasi, audiensi hingga yudisial review hanya berdampak minim dalam merubah kebijakan. Sehingga peran legislatif sangatlah penting untuk meneruskan perjuangan-perjuangan rakyat.

“Alhamdulillah, semua persyaratan telah kita siapkan semua. Mulai administrasi, formulir, kelengkapan surat bebas pidana, narkoba, SKCK hingga Surat keterangan sehat jasmani dan rohani ,” tandasnya.(cles)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *