Bupati Dampingi Ketua KPU RI Pantau Pemungutan Suara Di Sidoarjo

Juni 27, 2018

(SIDOARJOterkini) – Ketua KPU RI Arief Budiman didampingi Bupati Sidoarjo memantau langsung proses  pemungutan suara di TPS 1 Kelurahan Magersari Kecamatan Kota Sidoarjo. Kedatangan Arief Budiman di Sidoarjo diikuti 71 participant dan perwakilan dari beberapa Negara sahabat seperti, Fiji, Malaysia, Egypt, Thailand, Timor Leste, Nepal, Australia, Srilanka, Denmark, Germany dan Spanyol. Kedatangan mereka dalam program Election Visit Program (EVP) 2018 untuk berbagi pengalaman pemilih dan demokrasi di Indonesia.

Disampaikan Arief Budiman, proses pilkada Jatim situasinya sangat kondusif dan terkendali. Salah satunya di wilayah Sidoarjo. Rombongan EVP yang terdiri dari election management body, ambassador, government agencies, NGO lokal dan internasional dan beberapa Univesitas dan 15 perwakilan kementerian/lembaga Negara diajak melihat langsung proses pemungutan suara di TPS yang ada di Sidoarjo.

Oleh Bupati Saiful Ilah, rombongan Ketua KPU RI, Gubernur Jatim, Bawaslu RI, Komisi II DPR RI, Kementerian Pertahanan RI, dan EVP di ajak melihat proses pemungutan hingga penghitungan suara di TPS 1 Kelurahan Magersari Kecamatan Kota Sidoarjo.

Dalam kesempatan tersebut, Arief Budiman berpesan kepada masyarakat untuk memberikan kontribusi dalam pesta demokrasi yang terbesar dalam sejarah Indonesia, pemilihan serentak tahun 2018 dilaksanakan di 17 propinsi, 39 kota dan 115 kabupaten seluruh Indonesia.

“Peran serta masyarakat mulai dari proses pemungutan suara, proses penghitungan suara hingga proses hingga proses rekapitulasi dan penetapan hasil akhir suara diharapkan mampu memberikan kontribusi dalam penyelenggaraan pilkada yang aman dan kondusif dan bisa terhindar praktek kecurangan”, kata Ketua KPU RI Arief Budiman, Rabu, (27/6) saat di Pendopo Delta Wibawa Kabupaten Sidoarjo.

Anggota DPR RI Komisi II Zainuddin Amali mengapresiasi kepada kinerja KPU, Bawaslu dan Pemerintah daerah setempat atas kelancaran proses pilkada serentak yang berjalan lancar dan kondusif.

“Komisi II DPR RI mengapresiasi kerja keras KPU sebagai penyelenggara pilkada dan kinerja Bawaslu dalam mengontrol jalannya pilkada serta peran Pemerintah daerah yang memberikan dukungan dan fasilitas dalam pelaksaan pilkada hingga bisa berjalan lancar dan aman”, kata Zainuddin Amali.

Sementara itu, Bupati Sidoarjo Saiful Ilah mengatakan bahwa kunjugan Ketua KPU RI beserta rombongan dari berbagai Negara merupakan suatu kehormatan dan kebanggan bagi pemerintah daerah Sidoarjo yang dipercaya dan dipilih sebagai tempat berbagi pengalaman oleh tamu dari berbagai Negara melalui program EVP.

Saiful Ilah berharap pelaksanaan pilkada di Indonsia khususnya di Sidoarjo berjalan aman dan lancar.

“Semoga pemilukada tahun ini berjalan aman dan lancar, khususnya pilgub Jatim berlangsung kondusif”, katanya.

 

Sebelumnya, Bupati Sidoarjo Saiful Ilah beserta istri memberikan hak pilihnya pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur di Tempat Pemungutan Sidoarjo (TPS)  1 Kelurahan Magersari Kecamatan Kota Sidoarjo.(27/6/2018)

Dengan didampingi beberapa Kepala OPD, Bupati Sidoarjo dan Isteri melakukan pencoblosan di TPS yang didesain layaknya sebuah tempat zaman Mahabharata. Ditempat ini para petugas TPS menggunakan kostum khas pewayangan Mahabharata.

Sekitar pukul 11.00 wib Bupati tiba di TPS dan mendaftarkan diri seperti warga lainnya, kemudian masuk ke bilik no 2 sedangkan Anik Saiful Ilah menuju ke bilik no 1. Sebelum mencoblos Saiful Ilah sempat menunjukkan surat suara.

TPS ini unik, semuanya serba nuansa pewayangan”, terang Bupati Saiful Ilah

Dirinya berharap pelaksanaan Pilgub Jatim berjalan aman dan lancar, untuk warga Sidoarjo ia berpesan agar menggunakan hak suaranya.

“Siapapun yang menang harus diterima dengan lapang dada, pendukung pasangan calon (paslon) yang kalah harus menerima, begitu juga pendukung paslon yang menang juga bisa saling menghargai”, terang Abah Saiful.

Saiful llah berharap jalannya pesta demokrasi Pilgub Jatim 2018 di Sidoarjo ini lancar dan aman. Ada 2887 TPS seluruh Sidoarjo. Doa Saiful llah, semoga pencoblosan di Sidoarjo tetap aman dan hasil penghitungannya diterima semuanya secara baik.

Ada sebanyak 424 Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang tercatat dalam TPS yang petugasnya memakai pakaian Bhagawadgita pewayangan Mahabharata tersebut. (*ADV)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *