Untuk Pelaksanaan Pilgub Damai, Panwaslu Gelar Apel Siaga Dan Doa Bersama

Juni 24, 2018

(SIDOARJOterkini) – Menjelang pelaksanaan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur tahun 2018. Panwaslu Kabupaten Sidoarjo menggelar apel sekaligus doa bersama.

Kegiatan yang diikuti sekitar 3000 an peserta ini sebagai bentuk kesiapan pengawasan Pilgub Jatim 2018 ini bertujuan menyamakan persepsi dan pemahaman antara para pemangku kepentingan di Kab Sidoarjo dengan penyelenggaraan Pemilu dan peserta Pemilu dalam Pengawasan Pilgub Jatim yang akan digelar pada tanggal 27 juni mendatang.

Ketua Panwaslu Kabupaten Sidoarjo, M Rasul menjelaskan, apel dan do’a bersama ini sebagai moment penegasan sikap jajaran panwaslu untuk menjunjung tinggi netralitas dan independensi saat mengawasi tahapan pungut hitung pilkada.

“Kita tegaskan tidak akan main-main dan menggadaikan harga diri Pengawas Pemilu demi rupiah,”jelas Rosul di Alun-alun Sidoarjo, Sabtu (23/6/2018).

pihaknya menghimbau kepada seluruh warga termasuk teman-teman pers untuk melaporkan setiap ada indikasi kecurangan dan pelanggaran Pilkada.

“Termasuk pelanggaran yang dilakukan oleh jajaran kami ditingkat penyelenggara pengawas Pemilu,”tegasnya.

Menurutnya, tugas yang ada pada kami ini merupakan amanah yang telah dipercayakan rakyat  dan kita harus menjawab kepercayaan tersebut dengan bertanggung jawab dan bersungguh-sungguh mengemban tugas yang kita lakukan, sebagai garda terdepan penegakkan keadilan pemilu.

“Apel siaga yang kita laksanakan hari ini sekaligus untuk menunjukkan kepada masyarakat Sidoarjo bahwa Panwaslu dan jajaran telah bekerja maksimal dan siap mengawal setiap proses tahapan Pilkada sampai tuntas,”ungkapnya.

Sementara itu Bupati Sidoarjo Saiful Ilah dalam sambutannya mengatakan, pihaknya percaya masyarakat Sidoarjo mampu menunjukkan kedewasaan dalam  Pilkada ini sehingga terwujud kondisi yang  aman dan kondusif.

“Kita laksanakan Pilkada ini dengan aman dan damai,”ucapnya.

Ditambahkannya, selama ini kabupaten Sidoarjo dikenal sebagai penyelenggara pemilu terbaik se Indonesia, pun begitu dirinya meminta  agar petugas pengawas pemilu harus mampu menjaga netralitas jangan sampai ada keberpihakan pada calon tertentu.

“ Peran penting  Panwaslu dalam melakukan pengawasan dan selalu menjaga netralitas dalam Pilkada, nantinya akan berimbas pada  kondisi Sidoarjo yang aman dan kondusif,”pungkas Saiful Ilah.

Nampak hadir Dalam Apel Siaga tersebut Bupati Sidoarjo Saiful Ilah selaku Pembina Apel, Kapolres Sidoarjo Kombespol Himawan Bayu Aji, Dandim 0816 Letkol. Inf. Fadli Mulyono, Ketua Panwaslu Kabupaten Sidoarjo Muhammad Rosul serta Anggota Bawaslu Propinsi Jawa Timur Mochammad Afifudin, didampingi oleh unsur Sekretariat Bawaslu Propinsi Jawa Timur, Panwas Kecamatan Se-Kab Sidoarjo, Panwas Kelurahan Se- Kabupaten Sidoarjo, Pengawas TPS Se- Kabupaten Sidoarjo. (cles)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *