Kasasi Ditolak MA, Ustad Alfian Tanjung Akhirnya Ditahan

Juni 11, 2018

 

 

(SIDOARJOterkini) -Terpidana Alfian Tanjung akhirnya dieksekusi oleh pihak  Kejari Tanjung Perak Surabaya ke lembaga Pemasyarakatan klas 1 Surabaya di Porong, menyusul ditolaknya pengajuan Kasasi oleh Mahkamah Agung, (11/6/2018).

Dalam keterangannya kepala Kejaksaan Negeri Tanjung Perak Surabaya Rachmat Supriady menyatakan,  pihaknya melaksanakan eksekusi terhadap Alfian Tanjung setelah pengajuan kasasi ditolak oleh Mahkamah Agung.

“Hari ini Kita lakukan eksekusi terhadap Alfian tanjung setelah Mahkamah Agung menolak upaya Kasasi yang bersangkutan. terpidana akan menjalani hukuman selama 2 tahun di lapas Klas 1 Surabaya,”ungkapnya kepada wartawan.

Dijelaskan Rachmat, putusan kasasi ini merupakan upaya hukum yang dilakukan Alfian Tanjung atas putusan pengadilan sebelumnya yang pertama Pengadilan Negeri Surabaya yang memutuskan Alfian Tanjung terbukti bersalah melakukan tindak pidana yang melanggar pasal 16 UU no 40 tahun 2008 tentang penghapusan diskriminasi dan ras dengan hukuman dua tahun penjara. Kemudian  yang bersangkutan mengajukan banding dan Pengadilan Tinggi Jawa Timur dalam putusannya  menguatkan keputusan Pengadilan Negeri Surabaya

“Selanjutnya Terpidana  Alfian Tanjung mengajukan kasasi ke Mahkamah Agung yang kemudian ditolak dan terpidana akan menjalani hukuman selama 2 tahun di Lapas klas 1 Surabaya ,”tegasnya.

Lanjut Rachmat, tidak ada pertimbangan keringanan tentang eksekusi yang dilakukan kepada terpidana Alfian Tanjung mendekati hari raya Idul Fitri ini.

“Tidak ada pertimbangan, karena setelah menerima keputusan Mahkamah Agung segera melaksanakan putusan tersebut,”pungkasnya.

Sementara itu terpidana Alfian Tanjung kepada wartawan menyatakan akan melakukan upaya hukum dengan mengajukan peninjauan kembali.

“Saya akan ajukan PK,” singkatnya.(cles)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *