Dishub Target Program Angkutan Gratis Siswa 2019 Beroperasi

Mei 29, 2018
(SIDOARJOterkini)- Angkutan gratis untuk antar jemput siswa akan beroperasi pada 2019 mendatang. Untuk hal tersebut Dinas Perhubungan Sidoarjo membutuhkan anggaran kurang lebih  Rp 3,5 Miliar dari APBD.
Disampaikan Kabid Angkutan Dinas Perhubungan Kabupaten Sidoarjo, Edi Sulistiono, pihaknya sudah mempersiapkan program angkutan antar jemput siswa ini dan saat ini sudah mencapai 80 persen. Program tersebut rencananya akan direalisasikan pada 2019 mendatang.
“Tahun depan kita realisasikan. Namun, untuk kepastiannya kita masih menunggu keputusan panitia anggaran. Kira-kira dialokasikan berapa, kita mengikuti saja,” ungkap Edi, Senin (28/5/2018).
Sejatinya, pihaknya menargetkan anggaran yang harus dikeluarkan sebanyak Rp.3,5 miliar. Namun pihaknya menyesuaikan anggaran yang ada. Sehingga nantinya bisa disesuaikan dengan kebutuhan angkutan yang akan dipakai untuk program antar jemput siswa.
” Artinya kita sesuaikan wilayah yang kita layani. Kalau besar bisa dicakup semuanya. Tergantung berapa anggaran yang dikeluarkan untuk program ini,” tegasnya.
Pihaknya sudah melakukan kajian terkait program tersebut. Setidaknya ada beberapa rute-rute yang disesuaikan dengan tujuan siswa ke sekolah. Tak hanya itu, kajian itu juga difokuskan pada jam-jam tertentu yakni jam pemberangkatan maupun jam sepulang sekolah.
“Jadi bentuk kerjasamanya, kita sewa angkutan umum ini secara khusus untuk antar jemput siswa. Di jam-jam yang sudah ditentukan setidaknya angkutan umum sudah standby dilokasi titik penjemputan. Begitupun setelah mereka pulang, akan ada angkutan yang menunggu mereka,” terangnya.
Dari sekian ribu angkutan yang ada, pihak Dishub akan. tentukan persyaratan baik dari fisik angkutan maupun kelayakan angkutan yang bisa menunjang program tersebut.
“Kita yang bayar, tentunya kita juga memilih angkutan mana saja yang layak kita pakai. Tentunya angkutan yang masih bagus,” tandasnya.
Harapannya, dengan adanya program ini angkutan umum yang sebelumnya tidak diminati masyarakat, kembali diminati. Terutama dimulai dari dukungan para siswa untuk naik angkutan secara gratis.(cles)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *