Produk UKM Desa Bakalan Wringinpitu Dipamerkan Pada Acara Ruwah Desa, Ini produk Unggulannya…

Mei 11, 2018

Camat Balongbendo Puguh Santoso Didampingi Kades Bakalan Wringinpitu Nanang Hekso Sunaryo Sedang meninjau Bazaar.

(SIDOARJOterkini) Berbagai produk unggulan UKM Desa Bakalan Wringinpitu Kecamatan Balongbendo dipamerkan pada gelaran Bersih Desa Bakalan Wringinpitu 2018, Rabu (9/5/2018).
Kepala desa Bakalan Wringinpitu Nanang Hekso Sunaryo mengatakan, produk UKM desa Bakalan Wringinpitu yang ditampilkan ini merupakan produk unggulan usaha ekonomi masyarakat yang selama ini telah dikembangkan dan didukung oleh pemerintah.
“Patutlah kita apresiasi para pelaku UKM Desa Bakalan Wringinpitu yang selama ini terus mengembangkan berbagai produk,”ungkapnya.
Ditambahkan Kepala desa yang baru dilantik ini, pemerintah akan senantiasa mendukung agar produk-produk dari UKM ini akan berkembang.
“Kita juga akan kembangkan dari produk yang ada, dan juga proses pemasarannya,”tegasnya.
Sementara itu Camat Balongbendo Puguh Santoso mengapresiasi apa yang sudah dilakukan oleh warga dan pemerintahan desa bakalan Wringinpitu dalam membina keberadaan UKM ini serta kegiatan Bazaar produk unggulan usaha ekonomi masyarakat Desa Bakalan Wringinpitu.
“Kegiatan ini adalah suatu hal positif serta patut untuk ditindak lanjuti ke depan sehingga bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat, sesuai dengan misi dan visi kepala desa terpilih,”ungkapnya.
Dijelaskan Puguh, hasil produk unggulan selain meningkatkan ekonomi masyarakat juga bisa membuat  guyup ( bersatunya ) warga Bakalan Wringinpitu.
“Apalagi Pilkades kan baru digelar. Jadi dengan kegiatan ini sudah berbaur, bersatu untuk memajukan desa ini,”jelasnya.
UKM akan berkembang apabila, lanjut Puguh, pelaku UKM selalu berinovasi, dan Pemerintah selalu memberikan dukungan penuh baik itu pembinaan, permodalan dan Pemasarannya.
“Dukungan pemerintah terhadap hasil produk UKM  untuk pemasarannya sekaligus bisa memperkenalkan hasil produk ungulan ekonomi masyarakat desa bakalan wringinpitu  sehingga bisa di kenal di kabupaten Sidoarjo dan sekitarnya,”pungkasnya.
Kegiatan sedekah bumi yang disebut juga Ruwah Desa merupakan acara tahunan yang selalu digelar jelang bulan suci Ramadhan. Pada acara yang digelar di balai Desa Bakalan Wringinpitu ini sekaligus memamerkan berbagai produk unggulan UKM (Usaha Kecil Menengah) yang ada didesa ini diantaranya, sate jamur, nasi kuning, bontil, lonthong kupang, bakso daging sapi, gule kacang ijo, rujak murni, boneka permen cantik, nasi bakar, gado gado, kentang Krispi, kurma coklat, jamu kunir asam, pecel kulup,peyek udang, jamur krispy, es kopyor, rujak gobet, telor asin, jamu beras kencur, tahu campur, penthol jamur, kue Piza, klepon, ketan sambal, rujak wuni,es campur,tahu fantasi. Pada malam harinya acara dilanjutkan dengan pagelaran Wayang kulit Ki Sunaryo Dari Gresik. (cles)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *