Waspada Penipuan Melalui Situs Jual Beli Online Terjadi, Begini Modusnya..

April 8, 2018
(SIDOARJOterkini)- Modus penipuan yang memanfaatkan situs jual beli online menimpa Mohammad Sofil  Mubarok (20) warga Dusun Setro Desa Prambon  yang saat itu  berniat menjual kamera DSLR nya melalui situs jual beli OLX. Korban sebelumnya telah memposting kamera yang hendak dijualnya pada tanggal 1 April 2018. Selang  5 hari setelah memposting datanglah pelaku penipuan yang menyaru  sebagai calon pembeli yang mengaku bernama Hendra di rumahnya.

Korban M Sofil Mubarok usai melaporkan kasus penipuan di Mapolsek Prambon.

Mobil yang digunakan pelaku sempat di foto oleh keluarga korban.

“Awalnya  calon pembeli (pelaku) mengajak ketemuan diluar tapi karena waktu sudah malam saya tidak bersedia dan menyuruhnya datang kerumah saya,”ungkap Sofil usai melapor ke Mapolsek Prambon (8/4/2018).
Calon pembeli itupun akhirnya menyanggupi untuk datang kerumahnya, lanjut Sofil, kamera DSLR EOS Canon 70 D yang hendak dijualnya diperlihatkan kepada Hendra dan setelah merasa cocok akhirnya disepakati harga Rp. 8.500.000.
“Namun Pelaku saat itu bilang kalau tidak membawa uang tunai dan meminta nomer rekening saya dan akan di transfer melalui M-Banking BCA,”tandasnya.
Usai memperlihatkan hasil laporan  kalau proses transfer telah berhasil dari handphone pelaku, kamera pun diserahkan dan dibawa pergi oleh pelaku.
“Saat melakukan pengecekan di ATM ternyata saldo tabungan saya tidak bertambah,”jelasnya.
Sadar telah menjadi korban penipuan akhirnya korbanpun melaporkan kejadian yang menimpanya ke Mapolsek Prambon.
Aipda Zainul  Penyidik unit Reskrim Polsek Prambon mengatakan, pelaporan ini akan segera disampaikan ke Kanit Reskrim. pun demikian pihaknya akan segera melakukan pemanggilan dan pemeriksaan saksi, apalagi  saat itu keluarga pelapor sempat mengambil gambar mobil pelaku.
“Perkembangannya  akan segera kita sampaikan ke pihak korban,”tegasnya usai melakukan pemeriksaan terhadap pelapor.(cles)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *