Berkat e-filling, Antrian Wajib Pajak Lapor SPT Jauh Berkurang

Maret 31, 2018

 

Kepala Kanwil DJP Jatim II Neilmaldrin Noor saat meninjau pelaporam SPT pribadi di hari terakhir

 

(SIDOARJOterkini)- Antrian Wajib Pajak (WP) di hari terakhir pelaporan SPT, Sabtu (31/3/2018) jauh berkurang. Hal ini terlihat disejumlah kantor pajak dibawah DJP Jatim II.

 

Bahkan, antrian WP dihari terakhir pelaporan SPT pribadi yang biasanya sampai malam hari, tahun ini tak lagi membludak. “Antrian wajib pajak yang lapor SPT jauh berkurang,” ujar Kepala Kanwil DJP Jatim II, Neilmaldrin Noor, saat meninjau di KPP Sidoarjo Utara, Sabtu (31/3/2018).

 

Ditanya apa faktor utama yang membuat antrian menurun?, pria yang akrab disapa Pak Neil ini mengaku banyak WP yang lapor SPT melalui e-filling. Sehingga mereka tidak perlu antri lapor SPT ke kantor pajak terdekat.

 

Meski demikian, diakui oleh Neil jika WP yang antri lapor SPT ke kantor pajak bukan hanya pelaporan secara manual. Namun, pelaporan melalui e-filling. “Banyak WP yang minta e-fin untuk pelaporan e-filling,” jelasnya.

 

Adapula WP yang minta dibuatkan user baru, karena user yang lama lupa. Dan, mereka yang sudah punya user e-filling dan lupa banyak yang minta lagi ke kantor pajak terdekat.

 

Harusnya WP yang sudah punya user e-fin jangan sampai lupa. “Masalahnya, banyak WP yang lupa usernya. Harusnya user disimpan dengan baik, sehingga bisa lapor melalui e-filling sendiri tanpa minta user baru lagi,” himbau Neil.

 

Dihari terakhir pelaporan SPT pribadi ini, Neilmaldrin memantau disejumlah kantor pajak dibawah DJP Jatim II. Diantaranya di kantor pajak Gresik utara, Gresik Selatan, Sidoarjo utara dan Sidoarjo Madya. Dia melihat pegawai sudah cukup maksimal dalam melayani wajib pajak.

 

 

Seperti WP yang melapor SPT dengan e-filling. Ada kelompok-kelompok kecil WP yang melapor secara e-fillinh dipandu petugas. “Dan ini cukup efektif, bisa selesai bersamaan,” ujar Neilmaldrin.

 

 

Neilmaldrin berharap, tahun depan sudah tidak ada antrian panjang saat hari terakhir pelaporan SPT. Tak lain, sudah banyak WP yang melapor melalui e-filling.

 

Secara nasional, WP yang menggunakan e-filling sekitar 8,3 juta orang dan yang masih manual sekitar 2 juta WP. Sedangkan di Kanwil DJP Jatim II, sampai 30 Maret 2018, yang melapor SPT menggunakan e-filling sekitat 395 ribu WP, sisanya masih manual.

 

Untuk WP yang wajib SPT di wilayah DJP Jatim II sekitar 700 ribu orang. Jumlah total WP yang terdaftar di wilayah DJP Jatim II sekitar 1,5 juta orang. “Wajib Pajak yang terdaftar belum tentu wajib lapor SPT,” pungkas Neilmaldrin.

 

Pantauan www.sidoarjoterkini.com di Kantor Pajak Sidoarjo Utara, sejak pagi sudah terlihat antrian WP. Namun, antrian masih tahap normal. “Ini baru antri dapat nomer antri 95, tapi kalau e-filling cepat karena dipandu petugas,” ujar salah satu WP yang melapor SPT di Kantor Pajak Sidoarjo Utara.

 

Selain antri di dalam ruangan ber-AC, juga disediakan minum air putih, kopi serta camilan. “Untuk antrian kami batasi sampai pukul 17.00 WIB, nanti prosesnya sampai selesai,” ujar Kepala Kantor Pajak Sidoarjo Utara, Junaedi.

 

 

Pria asal Kota Malang ini juga mengakui jika antrian WP yang melapor SPT jauh berkurang. “Kantor Pajak Sidoarjo Utara ini jadi jujugan WP, sampai siang ini yang antri masih normal,” pungkasnya. (st-12)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *