Bayar IMB di DPMPTSP Sidoarjo Bisa Pakai Kartu Kredit, Begini Caranya

Maret 26, 2018

 

(SIDOARJOterkini)- Tidak hanya perizinan secara online, pembayaran retribusi juga dilakukan dengan sistem online (e-payment). Terobosan itulah yang dilakukan Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Sidoarjo.

 

Dengan e-payment, bayar retribusi bisa menggunakan kartu kredit. “Saat ini kita masih memberlakukan bayar retribusi IMB dengan e-payment. Kami bekerjasama dengan Bank Jatim,” ujar Kepala DPMPTSP Sidoarjo, Ari Suryono, saat Launching pembayaran retribusi e-payment di Kantor DPMPTSP, Jalan Pahlawan Sidoarjo, Senin (26/3/2018).

 

Ari Suryono menambahkan, selain Bank Jatim, DPMPTSP juga bekerjasama dengan BNI dan Bank Mandiri. Untuk memudahkan pembayaran retribusi IMB online, di Kantor DPMPTSP disediakan mesin EDC.

 

Dengan mesin EDC, untuk membayar IMB bisa gesek. “Bisa langsung debet pembayaran, baik menggunakan Bank Jatim, Bank BNI dan Bank Mandiri. Kelebihannya bisa juga pakai kartu kredit,” jelas mantan Kabag Umum ini.

 

Kedepan, selain pembayaran IMB juga retribusi lain bisa menggunakan e-payment. Diantaranya, pembayaran retribusi HO, tower, Ijin Mengerjakan Tenaga kerja Asing (IMTA) dan lainnya.

 

Ari Suryono menambahkan, selama ini pembayaran retribusi masih manual. Padahal, selama ini untuk pengurusan ijin melalui online. “Intinya, program ini untuk memudahkan customer. Agar tidak perlu lagi membawa tumpukan uang, cukup bawa ATM, kartu kredit, atau transfer via rekening,” pungkas Ari Suryono.

Bersamaan dengan peluncuran program baru tersebut, DPMPTSP mendapat support server baru dan sejumlah EDC dari Bank Jatim untuk pembayaran dengan sistem elektronik ini. Dan, langsung diujicobakan customer yang membayar IMB.

 

Launching pembayaran IMB dengan e-payment juga dihadiri perwakilan dari Bank Mandiri dan BNI. Kedepannya, diharapkan ada inovasi baru terkait pembayaran yang berkaitan dengan pelayanan di Kabupaten Sidoarjo.

 

Kepala Bank Jatim Cabang Sidoarjo, Hariyani mengaku sangat mengapresiasi program ini. “Kerjasama dengan meluncurkan program-program baru itu dirasa sangat penting untuk meningkatkan pelayanan,” ujarnya.

 

Hariyani menambahkan, di seluruh Jawa Timur, baru di Sidoarjo yang pembayaran IMB-nya online dan cashless. Sedangkan untuk PBB dan retribusi yang ditangani dinas lainnya di Pemkab Sidoarjo sudah bekerjasama dengan Bank Jatim.

 

Terkait pemberian bantuan server ke DPMPTSP, lanjut Hariyani untuk mempermudah transaksi. “Program ini sudah kita ujicoba dan bisa diaplikasikan. Kedepannya.bisa pakai sms banking dan m-banking,” terangnya.

 

Sementara itu, Rahmat salah satu warga yang mengurus IMB mengaku dengan adanya pembayaran elektronik lebih cepat. “Tidak sampai tiga menit, bayar pakai debet selesai,” ujarnya.

 

Rahmat mengaku, mengurus IMB secara online pembayarannya pun pakai elektronik semakin mudah. Dia mengaku mengurus IMB perumahan dan tidak butuh waktu lama karena persyaratan sudah lengkap. “Jadi tidak perlu bawa uang tunai,” tegasnya. (st-12)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *