Kunjungi Pengusaha Batik Tulis Sukodono, Ini Keinginan Cagub Khofifah

Maret 23, 2018
(SIDOARJOterkini)- Pentingnya melakukan navigasi program sebagai upaya dalam meningkatkan produktivitas Usaha Kecil Menengah (UKM). Hal tersebut disampaikan Calon Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa saat melakukan kunjungan ke usaha batik tulis di Desa Ngares Rejo Kecamatan  Sukodono, Jumat (23/3/2018).
Diungkapkan Khofifah, dirinya mendapatkan pembelajaran sangat advance setelah melihat langsung proses pembuatan batik tulis ini. selama ini pihaknya hanya mengenal beberapa daerah pembuat batik tulis dengan proses yang berbeda dengan yang ada di Sukodono ini.
“Para pembatik tulis dari luar daerah seperti Sampang dan Bangkalan nantinya bisa melakukan studi banding dalam pemrosesan batik tulis disini,”jelasnya.
Dengan demikian, lanjut Khofifah akan ditemukan sebuah pola hasil dari perpaduan dua daerah penghasil batik tulis untuk meningkatkan produktivitas dan nilai ekonomisnya.
“Batik tulis Madura lebih menonjol pada desain dan tulisnya, pastinya nilai ekonominya semakin tinggi apabila dikawinkan dengan batik tulis Sukodono yang pemrosesan paska tulis lebih baik,”tandasnya.
Dalam Kunjungannya ini Calon Gubernur Jawa Timur nomor 1 ini juga melihat adanya regenerasi para pembatik tulis sehingga tradisi batik tulis ini akan tetap terjaga.
“Para pembatik tulis disini banyak dari kalangan pemuda sehingga budaya batik tulis ini bisa terus dilestarikan,”pungkasnya.(cles)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *