9 OPD dan 6 Kecamatan Berkinerja Buruk Dihadiahi Bendera Hitam

Maret 12, 2018

Bupati Sidoarjo Saiful Ilah saat menyerahkan bendera hitam kepada Camat Balongbendo.

 

(SIDOARJOterkini)-Sebanyak 29 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) ,Badan dan Kecamatan kinerjanya selama 2017 dievaluasi oleh Bupati Sidoarjo. Penilaian dilakukan oleh tim penilai yang terdiri dari Bappeda, Inspektorat dan BKD.
Sekertaris Daerah Kabupaten Sidoarjo Ahmad Zaini menjelaskan, ada 4 aspek yang dinilai oleh tim penilai. Diantaranya Penyerapan anggaran, nilai SAKIP (Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah), nilai kinerja output  dan penilaian bupati terhadap pimpinan OPD dan para camat.
“Dari penilaian tersebut akan dikelompokkan OPD berkinerja Baik, menengah dan buruk,”ungkap Zaini di Pendopo Kabupaten Sidoarjo, Senin (12/3/2018).
Ditambahkannya, bagi OPD yang berpredikat kinerja baik oleh Bupati ditandai dengan penyerahan bendera berwarna hijau, untuk yang kinerja menengah dengan bendera berwarna coklat dan bendera warna hitam diberikan kepada OPD yang berkinerja buruk.
“Ada 9 OPD yang kinerjanya dianggap buruk dan mendapatkan bendera hitam,”tukasnya.
Kedepannya lanjut Zaini, penilaian seperti ini akan dilakukan setiap tahun oleh Bupati. Diharapkan kepada OPD yang mendapatkan bendera hitam akan bergeser dan melakukan perbaikan kinerja sehingga mendapatkan bendera warna coklat.
“Penilaian ini juga merupakan bahan evaluasi bagi para Dewan Pengawas pada BUMD untuk segera melakukan koreksi BUMD yang diawasinya,”tegasnya.
Sementara itu Bupati Sidoarjo Saiful Ilah kepada meminta kepada OPD yang kinerjanya dinilai kurang memuaskan segera melakukan evaluasi, khususnya dalam penyerapan anggaran, realisasi out put dan akuntabilitas kinerja lebih diperhatikan lagi.
“ Bagi OPD yang mendapat bendera hitam atau nilai kurang memuaskan saya minta tahun 2018 ini kinerjanya lebih digenjot lagi, baik penyerapan anggarannya, realisasi output dan SAKIP nya. Untuk OPD yang mendapat bendera warna kuning kinerjanya ditingkatkan lagi supaya evaluasi tahun depan dapat predikat sangat memuaskan”, tutur Saiful Ilah.
Saiful Ilah meminta dalam evaluasi tahun depan tidak ada lagi bendera warna hitam yang diterima OPD, “evaluasi tahun depan jangan ada lagi OPD yang menerima bendera hitam”, jelas Bupati.
Berikut ini OPD yang berkinerja buruk kurun waktu 2017.
1. Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata dengan nilai 78,76 %,
2.Dinas Perindustrian dan Perdagangan 78,76 %,
3.Dinas Komunikasi dan Informatika 78,38 %,
4.Bakesbangpol 78,28 %, 5.Sekretariat DPRD 76,02 %,
6.Dinas PU PR 72,24 %,
7.Dinas Pendidikan dan Kebudayaan 72,21 %,
8.Dinas Kesehatan 71, 44 %
9.Dinas Perumahan dan Pemukiman nilainya 66,60 %.
Sedangkan kinerja kecamatan yang dinilai kurang memuaskan ada 6 (enam) kecamatan yaitu Balongbendo,Taman ,Tanggulangin, Tarik, Jabon dan yang terakhir Tulangan . (cles)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *