Pebalap Sepeda se-Indonesia dan Malaysia Ikuti LCC

Maret 8, 2018
Headline Indeks Olahraga   394 views

 

(SIDOARJOterkini)- Sedikitnya 300 pebalap sepeda meramaikan event kejuaraan balap sepeda nasional, Lomba Customs Cycling (LCC) di Kabupaten Sidoarjo yang digelar pada 9-11 Maret 2018. Ratusan pebalap sepeda itu berasal dari Kabupaten/Kota se-Indonesia.

 

Selain itu, ada lima tim dari negeri jiran Malaysia. Mereka akan meramaikan even sepeda tahunan ini.

 

 

Ketua Panitia Pusat LCC, M Irham, menjelaskan, LCC kembali digelar di Kabupaten Sidoarjo salah satunya karena merupakan kabupaten yang banyak mencetak atlet balap sepeda. “LCC digelar di Sidoarjo karena banyak menghasilkan atlet balap sepeda,” ujarnya, di usai technical meeting, di pendopo Delta Wibawa, Kamis (8/3/2018).

 

Sedangkan LCC ke-26 ini diikuti sedikitnya 300 atlet balap sepeda. Mereka berasal dari seluruh Indonesia ditambah pebalap sepeda dari negeri jiran Malaysia. Tim dari Malaysia, yakni dari negeri Trenggano, Johor, Selangor, Perak, dan JSM.

 

Dijelaskan Irham dari 300 pebalap sepeda tersebut terdiri dari 91 klub yang ada di Indonesia maupun Malaysia. “Tahun lalu persertanya hanya 200 perserta, jadi jumlah ini lebih banyak,” bebernya. Katanya, pebalap asal Malaysia mengikuti LCC, untuk mengetahui kemampuan atlet Indonesia.

 

LCC digelar untuk mencari bibit pebalap sepeda. Sebab peserta berusia 16 tahun ke bawah. Atlet berprestasi nasional yang pernah mengikuti LCC seri, diantaranya Projo, Teri Yuda Kusuma. “Ada Angel, itu semua dari LCC Seri,” cetusnya. LCC seri juga jadi acuan para pelatih balap sepeda di daerah.

 

Sementara itu, Ketua Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) Kabupaten Sidoarjo Aan Alifauzansyah menambahkan, LCC seri ke-26 ini juga memperebutkan piala Bupati Sidoarjo. LCC kali ini direspon banyak atlet balap sepeda karena sebagai persiapan Porprov dan PON. “Ini kebanggan tersendiri bagi kita,” ucapnya.

 

Menurut Aan, LCC ke depan harus dikembangkan lagi. Misalnya soal adanya peserta yang membutuhkan penginapan. “Ini akan jadi PR tersendiri bagi Pemkab Sidoarjo. Bagaimana bisa memberdayakan masyarakat lokal bahwa dengan kegiatan olahraga ini akan meningkatkan ekonomi lokal,” jelas Aan.

 

Misalnya, kata Aan, di Jabon dan Tulangan nantinya rumah penduduk akan dijadikan home stay. “Dan ini akan kami laporkan ke pak Bupati, bahwa ternyata kegiatan ini, disamping untuk menggali prestasi olahraga, juga akan menggerakkan perputaran ekonomi,” pungkas Aan, yang juga Kabag Protokol Pemkab Sidoarjo.


LCC ini bakal mempertandingkan tiga kelas. Yakni Individu Time Trial (ITT) yang digelar di Desa Tlocor Kecamatan Jabon, pada 9 Maret 2019. Kelas Individu Road Race/Circuit Race di Desa Keret Krembung, 10 Maret 2018 dan kelas Criterium, di sekitar Alun-alun Sidoarjo, 11 Maret 2018.(ist/st-12)

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *