Ratusan Crosser Ikuti Jelajah Jalur Delta Brantas Anventure Trail I   

Maret 4, 2018
Headline Indeks Olahraga   806 views

 

 

(JABONterkini)- Event Jelajah Jalur Delta Brantas Adventure Trail I bisa dibilang sukses. Pasalnya, ajang ngetrail itu diikuti sekitar 800 crosser.

 

Crosser menjelajahi jalur sepanjang 25 Kilometer Minggu (4/3/2018). Para crosser motor trail ini uji nyali melewati sungai kecil, kubangan lumpur hingga tanjakan tanggul sungai Porong dan jalan pertambakan yang berlumpur karena habis hujan.

 

Kegiatan ngetrail bareng ini digelar Ikatan Grass Track Motorcross Sidoarjo (IGMS) dalam rangka Hari Jadi ke-159 Kabupaten Sidoarjo. Selain asal Sidoarjo, ngetrail bareng ini diikuti crosser Surabaya, Gresik, Mojokerto, Malang, Madura, Jombang, Salatiga Jateng dan daerah lainnya.

Pembina Otomotif Sidoarjo, Hamzah Purwandoyo mengatakan event ini sekaligus lauching sirkuit motorcross di Desa Besuki Kecamatan Porong. “Sirkuit ini dirancang berstandar internasional. Sirkut ini juga akan dipakai untuk sekolah motorcross gratis,” ujar anggota DPRD Sidoarjo ini.

 

Ratusan crosser ini berangkat dari garis start dan finis di sirkuit motorcross Desa Besuki, Kecamatan Jabon yang merupakan kawasan terdampak lumpur. Mereka dilepas simbolis oleh Presiden Lapindo Brantas Inc (LBI) Faruq Adi Nugroho dan Ketua DPRD Sidoarjo Sullamul Hadi Nurmawan.

Faruq dan Sullamul juga ikut ngetrail menjelajahi jalur Delta Brantas sepanjang 25 Kilometer, yang melewati sejumlah desa di sekitar tanggul lumpur. Mayoritas crosser mengaku puas dengan rute yang disediakan panitia. “Jalurnya menantang dan bisa diagendakan tahunan,” ujar Wawan crosser Sidoarjo.

 

Selama ini event ngetrail biasanya digelar di pegunungan. Namun, ngetrail kali ini berada di jalur sungai dan pertambakan yang hawanya cukup panas.

 

Bahkan, jalan tambak yang sempit dan berlumpur karena habis hujan membuat beberapa crosser terjerembab. Belum lagi, jembatan sungai yang cukup sempit dan licin merupakan tantangan baru bagi crosser.

 

Selain puluhan doorprize, para crosser disediakan grand prize berupa satu unit motor matic dan satu motor trail. Setelah diundi, motor matic jatuh ke tangan seorang crosser asal Desa Jati Kalang Prambon. Sedangkan motor trail jatuh ke tangan  crosser asal Nongkojajar Malang.

 

Jelang pengundian doorprize, event ngetrail yang didukung LBI serta beberapa sponsor lainnya ini  juga dibagikan santunan paket sembako bagi sejumlah anak yatim piatu. Santunan bagian dari program CSR Lapindo Brantas Inc (LBI). Event ngetrail bareng ini juga dihadiri crosser tamu asal Australia, Lewis Stewart.

 

Ketua DPRD Sidoarjo Sullamul Hadi Nurmawan mengatakan, Minggu (4/3/2018) ada tiga kegiatan di Pemkab Sidoarjo. Ada even sepeda hias, pagar nusa dan ngetrail di Jabon. Karena itu, bupati dan wakil bupati serta dirinya berbagi tugas. “Saya menghadiri acara ngetrail ini,” ucapnya.

 

Politisi yang akrab disapa Gus Wawan ino mengapresiasi kegiatan ini. Diharapkan, Jelajah Jalur Delta Brantas Adventure Trail ini bisa dijadikan agenda tahunan. (st-12)

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *