Siswa SD Muhammadiyah 1 Sidoarjo Belajar Manasik Haji di Sukolilo

Februari 14, 2018

 

SURABAYA – Sebanyak 219 siswa kelas V SD Muhammadiyah 1 Sidoarjo melaksanakan manasik haji di Asrama Haji Sukolilo, Surabaya pada Rabu (14/2/2018). Manasik haji yang dimulai sekitar pukul 10.00 tersebut diikuti oleh para siswa dengan antusias.

 

 

Guru Ibadah Syariah SD Muhammadiyah 1 Sidoarjo Burhanuddin mengatakan, kegiatan manasik haji ini merupakan program outdoor learning. Pembelajaran ibadah syariah melalui manasik haji dilakukan di Asrama Haji Sukolilo biar lebih khusuk. “Ada miniatur Ka’bah yang diharapkan bisa menambah semangat siswa untuk belajar. Sebelumnya manasik haji juga pernah dilakukan di Sidoarjo,” katanya.

 

 

Dia mengungkapkan, manasik haji yang dilakukan oleh para siswa tersebut diharapkan menumbuhkan cita-cita untuk beribadah haji. Sehingga, dalam kegiatan manasik haji para siswa bisa belajar mulai hafalan doa hingga kegiatan haji. “Belajar mulai sekarang biar ada niat berangkat ke rumah Allah,” ujarnya.

 

 

Dalam manasik haji, para siswa juga didampingi delapan guru pendamping. Selain itu, manasik haji itu juga langsung dibimbing oleh pembimbing manasik haji dari KBIH Jabal Nur. Harapannya, agar siswa bertambah semangat dengan pembimbing yang berpengalaman.

 

 

Menurut Burhanuddin, setiap rukun haji akan dibelajarkan kepada siswa. Setelah praktek manasik haji para siswa bisa belajar sesuai dengan syariat haji yang sudah ditentukan. “Belajar sejak dini melalui manasik haji diharapkan bisa bermanfaat dengan baik,” ucapnya.

 

 

Dalam kegiatan manasik tersebut para siswa terlihat bersemangat. Mulai dari membaca doa, lempar jumroh hingga berkeliling asrama haji hingga memutari miniatur Ka’bah. (st12)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *