Jutaan Batang Rokok Ilegal Dimusnahkan Petugas Bea Cukai Sidoarjo

Februari 6, 2018

SEDATI – Sebanyak 10,5 juta batang rokok ilegal hasil penindakan sejak bulan April hingga Desember 2017 lalu, dimusnahkan oleh petugas Kantor Pabean Bea dan Cukao Sidoarjo, Selasa (6/2/2018).

Jutaan rokok yang setara seberat 20 ton dengan nilai hingga Rp 6 miliar itu, hasil tangkapan di tiga wilayah. Antara lain, Sidoarjo, Surabaya dan Mojokerto.

Rokok ilegal yang tanpa pita cukai dan cukai palsu tersebut, rata-rata dipasarkan di luar Pulau Jawa. Tentunya dijual dengan harga lebih murah. Akibat perbuatan kompetisi perdagangan yang curang, kerugian negara mencapai Rp 4,1 miliar.

Selain menyita jutaan batang rokok, petugas bea cukai juga menangkap enam produsen. Mereka sudah diserahkan ke penegak hukum dan sebagian di antara mereka sudah akan masuk pengadilan.

Rokok yang dimusnahkan dengan cara dibakar di kantor bea cukai ini hanya simbolis atau sebagian kecil. Sebagian besar rokok tersebut dimusnahkan dengan alat incinerator di kawasan Lawang Kabupaten Malang.

Kepala Kantor Bea Cukai Sidoarjo Nur Rusydi mengatakan, keberhasilan bea cukai dalam melaksanakan tugas pengawasan di bidang cukai merupakan hasil sinergi yang baik dengan instansi terkait baik Pomal, Garnisun, kepolisian, kejaksaan, dan pemerintah daerah setempat.

“Potensi nilai penerimaan negara yang berhasil diselamatkan dari pemusnahan rokok ilegal ini sebesar Rp4,1 miliar dengan rincian nilai cukai sebesar Rp3,4 miliar dan pajak rokok sebesar Rp310.957.778, dan PPN sebesar Rp341.755.800,” katanya.

Ia menambahkan, penerimaan cukai di wilayah hukum Bea Cukai Sidoarjo di tahun 2017, tercapai lebih dari 100% dan jumlah tersebut sudah lebih dari target. Tahun 2017 lalu penerimaan cukai mencapai Rp 3,4 triliun. (alf)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *