Tangani Permasalahan Sampah di Sidoarjo, Berikut Yang DLHK Lakukan

Februari 2, 2018

SIDOARJO – Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kabupaten Sidoarjo menggelar lomba Sidoarjo Bersih dan Hijau (SBH) Zero Waste Academy di Pendopo Delta Wibawa, Jumat (2/2/2018). Hal itu dilakukan sebagai Komitmen untuk menangani permasalahan sampah.

Ketua Panitia DR. M. Bahrul Amig, S.Sos, M.M, yang kemarin baru saja mutasi jabatan ke Dinas Perhubungan menjelaskan, kegiatan SBH ini sudah yang ke 8 kali/ 8 tahun. Tujuannya yakni untuk menanamkan prilaku masyarakat untuk peduli terhadap lingkungan.

“Sebelum kegiatan presentasi ini, telah dilaksanakan penilaian dilapangan. Targetnya yakni di lingkungan RT dan nantinya bisa dijadikan pembelajaran bagi RT dan Desa yang lain,” ucapnya.

Ia menambahkan, peserta presentasi yang hadir pada hari ini, nanti akan menjadi mentor bagi peserta Zero Academy di tahun berikutnya. “Alhamdulillah respon dari masyarakat dan para kepala desa untuk program ini sangat luar biasa,  harapannya kedepan perencanaan di tingkat desa itu harus berbasis lingkungan,” jelas Amig.

Sementara itu, Bupati Sidoarjo, H. Saiful Ilah, SH, M.HUM yang membuka langsung acara itu sangat mengapresiasi dengan kegiatan ini, dimana setiap pelaksanaan SBH dilapangan beliau turut hadir dan mengikuti terutama pelaksanaan bersih-bersih sungai.

“Melalui kegiatan ini diharapkan masyarakat semakin peduli lingkungan, sehingga mampu mewujudkan budaya bersih dan hijau, khususnya dilingkungan kita sendiri. “ ungkap Abah Ipul, panggilan akrab Bupati Sidoarjo.

Peserta yang mengikuti lomba presentasi SBH Zero Waste Academy merupakan hasil seleksi peninjauan lapangan di Desa se Kabupaten Sidoarjo. Tim juri berasal dari  Walhi, Bambang Catur Nusantara,  DLH Provinsi Jawa Timur Drs. Fauzi Bachtiar,A.MT, DLHK Kabupaten Sidoarjo Heksa Widagdo, dan dari Universitas muhammadiyah Sidoarjo Hasan Ubaidillah. (alf)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *