Bupati Sidoarjo Lantik Kepala OPD Hasil Lelang Jabatan

Januari 12, 2018

SIDOARJO- Kekosongan pejabat eselon II yang menduduki Asisten Tata Pemerintahan dan Kesra Setda Sidoarjo serta Sekretaris DPRD Kabupaten Sidoarjo dan kepala dinas/badan di 5 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kabupaten Sidoarjo akhirnya terisi. Diantaranya, Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah, Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata, Dinas Koperasi dan Usaha Mikro, Dinas Penanaman Modal dan PTSP serta Satuan Polisi Pamong Praja.

Nama-nama pejabat yang menduduki eselon II tersebut antara lain Asisten Tata Pemerintahan dan Kesra Setda Sidoarjo di jabat oleh Dr. Heri Soesanto SH,MH, Sekretaris DPRD Kabupaten Sidoarjo dijabat Siswadji Abidin S.Sos, M.Si, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah dijabat Dra. Noer Rochmawati M.Si,Ak, Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata dijabat Drs Djoko Supriyadi, Dinas Koperasi dan Usaha Mikro dijabat Drs, Ec Tjarda MM , Dinas Penanaman Modal dan PTSP dijabat Ari Suryono S.Sos, M.Si serta Kepala Satuan Polisi Pamong Praja dijabat Widiyantoro Basuki SH.

Siang tadi, 7 pejabat eselon II tersebut dilantik Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah SH,M.Hum di Pendopo Delta Wibawa, Kamis, (11/1). Pelantikan tersebut bersamaan dengan 195 pejabat eselon III dan IV yang juga dilantik. Dalam pelantikan tersebut dihadiri oleh Ketua DPRD Sidoarjo H. Sullamul Hadi Nurmawan, Wakil Bupati Sidoarjo H. Nur Ahmad Syaifuddin SH serta Sekda Sidoarjo Djoko Sartono serta Kepala Kantor Regional II BKN Surabaya Tauchid Jatmiko.

Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah mengatakan pelantikan kali ini salah satunya untuk mengisi jabatan eselon II. Pengisian jabatan eselon II dibeberapa OPD dihasilkan dari seleksi terbuka Jabatan Tinggi Pratama (JPT) yang telah dilakukan. Panitia JPT yang terdiri dari akademisi, pakar dan profesional telah menentukan siapa-siapa yang sesuai untuk mengisi kekosongan pejabat eselon II.

Ia katakan ada beberapa parameter utama yang digunakan dalam menentukan jabatan bagi setiap pegawai. Seperti melalui pertimbangan kapasitas, kompetensi, integritas, loyalitas serta moralitas dan nilai-nilai pengabdian dan komitmen terhadapa tugas dan tanggung jawab sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN). Oleh karena itu pelantikan pejabat bukan sekedar penempatan figur-figur pejabat. Namun sebagai bentuk pembenahan dan pemantapan organisasi untuk meningkatkan kinerja sebuah OPD.

Ia katakan seorang pejabat struktural dituntut untuk memiliki petensi dan kompetensi teknis sesuai jabatan yang diembannya. Seorang pejabat struktural juga dituntut untuk memiliki kompetensi lain. Diantaranya lulus dalam pengadaan barang dan jasa serta memiliki sertifikat pengadaan barang dan jasa. Ia katakan kepemilikan sertifikat tersebut penting dimiliki. Pasalnya kedepan diharapkan seorang pejabat paham dan mengerti betul seluk beluk pengadaan barang dan jasa di unit kerjanya.

Dalam pelantikan tersebut ada nama lain yang mengisi jabatan kepala Dinas Sosial Kabupaten Sidoarjo. Sebelumnya dijabat oleh Ir. Anik Pudji Astuti sekarang diganti oleh Yusuf Isnajanto S.Sos yang sebelumnya menjabat sebagai staf ahli bupati. Sedangkan Anik sekarang dipercaya bupati Sidoarjo sebagai staf ahli bupati Bidang Kemasyarakatan dan SDM Kabupaten Sidoarjo. (alf)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *