Demi Keselamatan Penumpang Perahu Tambang, Pemprov Jatim Bantu Pelampung

Januari 11, 2018

 

BALONGBENDO – Bantuan berupa pelampung keselamatan yang diberikan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur kepada para penambang di Sungai Mas, mengurangi rasa trauma bagi penambang maupun para pengguna jasa perahu tambang pasca tragedi perahu terbalik pada tahun 2017 lalu.

 

“Yang pasti kami merasa senang mendapat bantuan dari Gus Ipul, dengan adanya alat keamanan ini kami sebagai para penambang merasa tenang ketika sedang beroprasi,” ucap Supriadi (38), salah satu penambang dikawasan Desa Bogem Pinggir, Kecamatan Balongbendo, Sidoarjo, Rabu (10/1/2018).

 

Seorang yang sudah bekerja sebagai penambang selama 4 tahun itu menambahkan, sejak tragedi perahu tambang terbalik tahun lalu, penghasilannya menurun drastis. Karena para pengguna jasa mengalami trauma, disamping itu status pekerjaan sebagai penambang juga tidak jelas. “Alhamdulillah sekarang izinnya sudah jelas,” ucapnya.

 

Ia mengungkapkan bantuan berupa pelampung yang diperoleh para penambang berfariasi. Perahu yang berukuran 10 meter mendapat 15 pelampung, perahu yang berukuran 7 meter mendapat 11 pelampung dan perahu yang berukuran 12 meter mendapat 22 pelampung. “Tergantung besar kecilnya perahu mas,” terangnya.

 

Waktu sosialisasi, Suprayitno (48) penambang lain menambahkan, sempat dijanjikan pembuatan dermaga dan memperlebar akses jalan menuju area tambang. Namun sampai saat ini belum terealisasi karena para penambang diminta untuk mengganti perahu yang lebih layak agar para pengguna jasa penyebrangan dari Kabupaten Sidoarjo ke Kabupaten Gresik tersebut merasa nyaman.

 

“Kami tidak keberatan untuk mengganti perahu. Asalkan pemerintah memberi keringanan kepada kami untuk membeli perahu tambang dengan sistem kridit,” tambah Suprayitno (48), penambang lain dengan tawa kecilnya.

 

Disinggung terkait pemilihan Gubernur Jawa Timur 2018 mendatang, mereka mantab mendukung Wakil Gubernur Jawa Timur saat ini untuk memimpin Jawa Timur 5 tahun kedepan. “Yang jelas dia (Saiful Ilah red) sudah banyak membantu masyarakat dan sudah mengerti kondisi Jawa Timur,” pungkasnya.(alf)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *