Petambak asal Jabon Juarai Bandeng Kawak Tradisional 2017

Desember 6, 2017

 

SIDOARJO – Sutriman warga Kecamatan Jabon, Sidoarjo menjadi pemenang lomba timbang bandeng kawak 2017 di kantor Dinas Perikanan Kabupaten Sidoarjo, Rabu (6/12/2017). Pasalnya, bandeng yang ia miliki seberat 7,70 kg, panjang 89 cm dan lebar 20 cm.

 

Acara yang dihadiri oleh Wakil Bupati Sidoarjo H. Nur Ahmad Saifuddin, Asisten II Pemkab Sidoarjo H. Agoes Tjahjono, Kadin Perikanan H. Sholeh dan Sekretaris Dinas Perikanan Sidoarjo H. Bahruni Aryawan itu, merupakan acara tahunan memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW.

 

“Acara ini digelar setiap tahun dalam memperingati maulid nabi. Nah, pemenangnya, kami pilih empat peserta yang nanti malam akan dilelang di Alun-alun Sidoarjo,” ucap Wakil Bupati Sidoarjo H. Nur Ahmad Saifuddin.

 

Ia menambahkan, tujuan lelang bandeng kawak ini, tidak lain untuk memotovasi para petani tambak yang ada di Sidoarjo. “Hasil lelang bandeng nanti akan digunakan untuk kegiatan ibadah dan kegiatan sosial di Kabupaten Sidoarjo,” terangnya.

 

Sementara itu Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Sidoarjo M. Soleh mengatakan dipilihnya 4 bandeng sebagai peserta lelang bandeng kawak tradisional tahun 2017 telah melalui survei.

 

“Empat bandeng tersebut telah memenuhi syarat sesuai dengan kreteria yang ditetapkan yakni bandeng Sidoarjo memiliki ciri-ciri khas bibir merah dan juga tidak berbau tanah,” terangnya.

 

Sedangkan tiga pememang lainnya yakni Mustofa warga Desa Kupang, Jabon menjadi juara dua karena memiliki bandeng seberat 5,55 kg, panjang 84,8 cm dan lebar 18,4 cm, Kanipan warga Sawohan, Buduran karena memiliki bandeng seberat 5,34 kg, panjang 81 cm, lebar 18,5 dan juara ketiga yakni Hj Elnimasurohtila warga Candi memiliki bandeng seberat 5,24 kg, panjang85 cm serta lebar 16,5 cm.(alf)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *