Banjir Rob, Puluhan Rumah di Jabon Terendam

Desember 6, 2017

 

JABON – Puluhan rumah warga di RT 01 dan RT 02 RW 06, Desa Kupang, Kecamatan Jabon, Sidoarjo terendam banjir yang disebabkan air laut pasang (rob), Rabu (6/12/2017). Akibatnya, puluhan rumah warga tersebut terendam banjir setinggi 60 sampai 70 cm.

 

“Sejak semalam, menjelang dini hari sampai kini genanan banjir masih tinggi,” kata H. Mustofa salah satu aparat Desa Kupang.

 

Meski menginjak siang air pasang menjadi air surut, banjir yang menggenangi rumah warga hingga air memasuki rumah, masih cukup tinggi. Bahkan dimungkinkan malam nanti, air rob terjadi lagi. “Nanti malam air laut sepertinya akan pasang lagi dan pasti banjirnya akan semakin tinggi,” tukasnya.

 

Sementara itu, Ali Mursyid salah satu dari tokoh muda Komunitas Seduluran Jabon menyatakan, banjir yang ada termasuk rutin terjadi. Banjir itu dirasakan warga di Dusun Kalialo, Tanjungsari dan Tegalsari Desa Kupang

 

“Saya minta ada perhatian khusus dari Pemkab Sidoarjo soal langganan banjir di Kecamatan Jabon ini,” pinta Mursyid.

 

Mursyid juga meminta terutama kepada BPBD Sidoarjo segera memindak lanjuti banjir ini. Karena banyak warga yang kebanyakan sebagai buruh tambak itu tidak bisa menyelamatkan barang-barangnya. “Banjir sudah menggenangi sampai dalam rumah warga,” papar Mursyid.

 

Kepala BPBD Kabupaten Sidoarjo Dwidjo Prawito menyatakan, belum mengetahui adanya banjir di Jabon. “Saya belum mendapatkan laporan soal banjir di Jabon. Nanti akan kami cek kelokasi,” katanya.(alf)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *