Kirab Pemuda 2017, Perwakilan 34 Provinsi Explore Destinasi Wisata di Sidoarjo

November 30, 2017

 


SIDOARJO- Serangkaian kegiatan dalam rangka Kirab Pemuda 2017 di Kabupaten Sidoarjo dalam beberapa hari ini. Salah satunya, mengunjungi
destinasi tempat wisata dan tempat bersejarah di Kota Delta ini.


Perwakilan pemuda dari 34 provinsi se Indonesia, Kamis (30/11/2017) mengunjungi tempat wisata di Kabupaten Sidoarjo. Rombongan yang menginap di Hotel Delta Mayang ini, menuju ke tempat wisata batik Al Huda yang merupakan salah satu destinasi wisata Kampung Batik.


Di gerai milik Nuruh Huda ini, mereka melihat secara langsung proses pembuatan kain batik. Mulai dari bahan mentah (kain,red) sampai dibatik berbagai corak. “Kami disini bisa tahu bagaimana proses membatik, ini mulai dari awalnya sampai finishing,” ujar salah satu peserta Explore destinasi wisata dan tempat sejarah Kirab Pemuda 2017.


Hampir satu jam, peserta Kirab Pemuda melihat-lihat proses pembuatan batik. Mereka juga mencoba membatik dengan arahan instruktur yang ada. Mereka juga menanyakan berbagai jenis batik yang merupakan ciri khas Sidoarjo.

 


Peserta Kirab Pemuda juga tampak antusias mendengar penjelasan Nurul Huda, terkait asal muasal batik Sidoarjo hingga kini menjadi salah satu andalan wisata belanja oleh-oleh Sidoarjo. “Rombongan Kirab Pemuda bisa belajar disini. Mereka juga bisa melihat siswa-siswa yang belajar membatik,” ujar Nurul Huda.


Terkait kegiatan Kirab Pemuda ini, Nurul Huda mengaku merupakan kegiatan positif yang perlu diagendakan setiap tahun. Pasalnya, dengan kegiatan ini mereka bisa mengetahui aneka sejarah, budaya, produk dan pernak-pernik kekayaan Indonesia.


Rombongan Kirab Pemuda tiba di Sidoarjo, dan merupakan bagian dari  76  daerah yang disinggahi. Mereka juga berkunjung ke beberapa daerah di Jawa Timur. “Khusus untuk Sidoarjo, kami mengajak rombongan kirab pemuda ke beberapa destinasi wisata,” ujar Ketua DPC Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Sidoarjo, Rahmanu yang ikut mendampingi rombongan Kirab Pemuda 2017.


Usai berkunjung ke kampung batik, rombongan Kirab Pemuda berkunjung ke Museum Mpu Tantular yang ada di kawasan Jenggolo, Sidoarjo. di Museum ini, rombongan melihat sejumlah koleksi benda purbakala dan mendapat penjelasan dari pihak museum.


Setelah dari Museum Mpu Tantular, rombongan bergerak ke tempat wisata tas dan kulit di kawasan Tanggulangin. Rombongan Kirab Pemuda bisa melihat berbagai aneka ragam kerajinan dari kulit, mulai dari jaket kulit, sepatu, tas dan koper.


Sebenarnya ada beberapa destinasi wisata lain di Sidoarjo yang akan dikunjungi oleh rombongan Kirab Pemuda. Seperti melihat wisata lumpur Sidoarjo, Candi pari di Porong. Sayangnya, kondisi banjir tidak memungkinkan, sehingga rencana ke dua tempat wisata itu diurungkan.

Selain explore destinasi wisata Sidoarjo, rangkaian Kirab Pemuda juga akan digelar Gerakan Pemuda membaca Kitab Suci, di Gereja Santa Maria, LKK, Pura Jala Siddhi Amertha (JSA) dan Klenteng Tjong Hok Kiong, Jumat (1/12/2017) pukul 07.00-10.00 WIB. Rencananya, kegiatan itu akan dihadiri Menpora Imam Nachrawi dan total peserta 3000 orang.


Selanjutnya, pukul 10.00-11.00 WIB, dilanjutkan peninjauan pameran kreatifitas pemuda di Alun-alun Sidoarjo. sedangkan pukul 13.00 WIB sampai selesai akan digelar pawai budaya di parkir barat GOR Delta Sidoarjo yang akan dilepas Bupati Sidoarjo Saiful Ilah, peserta inti Kirab Pemuda dan masih ada kegiatan lainnya. (st-12)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *