Anggota DPR RI Tanam 2000 Pohon di Kecamatan Candi

November 27, 2017

 

CANDI – Dalam upaya konservasi lingkungan, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (Lipi) dan Anggota DPR RI Syaikul Islam Ali menanam sebanyak 2000 pohon di Desa Kedung Peluk, Kecamatan Candi, Sidoarjo, Senin (27/11/2017).

 

Hadir dalam acaranya, Anggota DPR RI, Perwakilan TNI, Polri, Kepala Desa Kedung Peluk, Camat Candi (Forpimka) Candi dan puluhan warga sekitar. 2000 pohon itu, rencananya akan ditanam di sepanjang jalan Desa Kedung Peluk, Candi.

 

2000 pohon tersebut antara lain 1000 pohon mangga kwijie dan 1000 pohon jambu air jumbo. Mereka memilih menanam pohon produktif karena selain untuk penghijauan dikawasan Desa Kedung Peluk, buahnya juga bisa dimanfaatkan oleh warga sekitar.

 

“Konservasi kali ini, kami menanam pohon mangga kwijie asal thailand, karena pohon ini buahnya sangat besar. Nah, selain penghijauan, kami sengaja menanam pohon produktif agar buahnya bisa bermanfaat bagi masyarakat,” ucap Syaikul Islam.

 

Seorang anggota DPR RI komisi VII ini percaya bahwa pohon asal Negara Thailand tersebut banyak manfaatnya. Selain itu, pohon yang menjadi unggulan di Negeri Gajah Putih tersebut bisa tumbuh kembang di Indonesia.

 

“Bisa ditanam di Indonesia, contohnya di rumah saya (Syaikul Islam Red) dan memang buahnya sangat besar dan bagus juga bisa diandalkan produktifitasnya,” ucapnya.

 

Politisi dari fraksi PKB tersebut juga berkopeten dalam membangun desa berbasis ilmu pengetahuan. Dalam setiap kegiatannya, selain menggandeng Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (Lipi), juga bekerja sama dengan lembaga-lembaga andalan pemerintah dalam bidang riset lainnya.

 

“Dalam membangun desa berbasis ilmu pengetahuan, selain dengan Lipi, kita juga bermitra dengan 7 LPNK (Lembaga Pemerintah Non Kementrian) dibidang riset. Jadi ada Lipi, Bapeten, BPPT, Lapan dan lainnya,” terangnya.(alf)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *