Curi Biji Plastik di PT MMM, Lima Tersangka Diamankan Polsek Buduran

November 15, 2017

BUDURAN – Rahman Budi Santoso (23), warga Ngawi, Heru Susanto (33) warga Sidoarjo, SF (35) warga Pasuruan, S (46) warga Pasuruan dan AK (43) warga Pasuruan terpaksa meringkuk di hotel prodeo Polsek Buduran. Pasalnya, mereka bersekongkol mencuri biji plastik di PT Mitra Mulia Makmur, Kecamatan Buduran, Sidoarjo.

 

Kapolsek Buduran Kompol Hery Mulyanto mengatakan, penangkapan 5 tersangka termasuk dua security ini setelah pihak korban curiga dengan penghasilan pabrik yang setiap kali menurun. Setelah mengecek kamera CCTV yang ada dikawasan pabrik, korban curiga dengan ulah Rahman. “Dalam rekaman itu, rahman melakukan pencurian,” ucapnnya, Rabu (15/11/2017).

 

Tanpa pikir panjang, korban langsung melaporkan kejadian itu. Dari hasil pemeriksaan, karyawan yang di percaya membawa kunci gudang tersebut mengaku tidak sendirian. Ia leluasa keluar masuk gudang karena sudah bersekongkol dengan security pabrik. “Mereka sudah bersekongkol. Jadi pelaku aman keluar masuk,” katanya.

 

Mantan Kapolsek Porong itu menambahkan, hasil curiannya ia jual kepada tersangka S dan AK selaku penadah barang tersebut yang ada di Pasuruan dengan harga Rp 15 ribu perkilogramnya. “Sekali mencuri, tersangka ini berhasil membawa 80 karung dengan total 20 ton dan perkilonya di jual seharga Rp 15 ribu,” terangnya.

 

Akibat kejadian itu, pihak pabrik mengalami kerugian mencapai hingga Rp 40 juta. “Tiga tersangka dijerat pasal 363 dan pasal 374 KUHP dengan ancaman kurungan penjara maksimal 7 tahun. Sementara dua orang penadah dijerat pasal 480 dengan ancaman 4 tahun penjara,” pungkasnya.(alf)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *