Dipenuhi Eceng Gondok, Dinas PUPR Bersihkan Sungai Bader Wonoayu

November 1, 2017

WONOAYU – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Sidoarjo mulai melakukan pembersihan tanaman eceng gondok di sungai afvour Bader kawasan Desa Simo Angin-angin, Kecamatan Wonoayu, Sidoarjo, Selasa (31/10/2017).

 

Kabid Operasional dan Pemeliharaan Air Dinas PUPR Agus Hidayat mengatakan pembersihan tanaman gulma yang tumbuh di sungai bader kira-kira sepanjang 15 km itu, dibersihkan secara manual dan melibatkan 30 orang.

 

“Ada sebanyak 30 orang yang kami terjunkan langsung untuk melakukan pembersihan secara manual,” ucapnya di lokasi.

 

Diakui tidak melibatkan alat berat dalam normalisasi sungai ini karena masih tahap proses lelang. “Kalau tidak segera dikerjakan, tumbuhan ini akan cepat berkembang dan aliran sungai terganggu sehingga apabila terdapat sampah, menyebabkan penumpukan dan menimbulkan bau,” katanya.

 

Setelah dilakukan pembersihan tanaman tersebut, rencana PUPR akan segera melakukan pengerukan supaya aliran sungai bisa maksimal. “Tentunya kami menunggu hasil lelang untuk melakukan pengerukan,” terangnya.

 

Adapun target normalisasi khususnya di sungai bader ini bisa segera terlaksana. “Kami tidak bisa janji. Yang pasti akan segera kami realisasikan diseluruh saluran air di Kabupaten Sidoarjo. Mengingat saat ini sudah memasuki musim penghujan supaya nanti tidak mengalami banjir,” pungkasnya.(alf)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *