Satlantas Polresta Sidoarjo Pasang Speed Gun, Pengendara Ngebut Bakal Ditindak

Oktober 26, 2017


SIDOARJO – Meminimalisir angka kecelakaan lalu lintas yang disebabkan oleh kecepatan laju kendaraan, Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polresta Sidoarjo menerapkan penggunaan alat pengukur kecepatan (speed gun) di seluruh ruas jalan Kabupaten Sidoarjo.

“Alat ini baru datang kemarin dan saat ini langsung kami implementasikan di Jl Pahlawan yang menjadi kawasan tertib lalu lintas dan tentunya dikawasan-kawasan lain yang rawan terjadi kecelakaan,” ucap Kasat lantas Polresta Sidoarjo, Kompol Wahyu Endra Jaya, Kamis (26/10/2017).

Sedangkan penggunaan alat speed gun tersebut yakni terdapat dua tim. Tim pertama membawa alat tersebut untuk mendeteksi laju kendaraan dan tim kedua yang berjarak kurang lebih 500 meter melakukan penindakan terhadap pelanggar.

“Alat ini terhubung dengan aplikasi tertentu dan semua tim punya aplikasi tersebut. Nah, ketika ada pelanggar, tim kedua sudah mempunyai bukti berupa foto maupun video. Jadi saat masyarakat berargumen, mereka tidak bisa. Karena sudah ada bukti,” terangnya.

Ia menambahkan, diberlakukannya Peraturan Menteri Perhubungan RI Nomer 111 tahun 2015 ini yakni untuk menekan angka kecelakaan. Karena semakin tinggi laju kendaraan, maka semakin fatal apabila terjadi kecelakaan. “Terkait pelanggaran kecepatan kendaraan mulai hari ini kami aktifkan dan berlaku bagi roda dua maupun empat,” terangnya.

Untuk itu, bagi pelanggar akan dikenakan pasal 272 tentang batas kecepatan dan undang-undang IT nomer 11 tahun 2008 pasal 3 ayat 4. “Dalam undang-undang laju kendaraan di dalam kota yakni 50 km perjam dan di jalan tol 100 km perjam batas atas. Oleh karena itu, jangan sampai melebihi batas kecepatan,” pungkasnya. (alf)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *