Daftar ke KPUD Sidoarjo, Berkas Partai Nasdem Dikembalikan

Oktober 13, 2017

 

 

 

SIDOARJO – Partai Nasional Demokrat (Nasdem) menjadi partai politik ketiga yang mendaftar sebagai peserta Pemilu 2019 ke kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sidoarjo, Jumat (13/10/2017). Dalam kedatangannya, pengurus DPD Partai Nasdem dikawal puluhan kader.

 

Setibanya pukul 14.00 WIB, berkas verifikasi yang diserahkan langsung oleh Ketua DPD Partai Nasdem Sidoarjo Dawud Budi Sutrisno, diterima langsung oleh Ketua KPU Sidoarjo Zainal Abidin. Dalam berkas tersebut terdapat sedikitnya 1.500 berkas tanda anggota Partai Nasdem.

 

Namun seperti dua parpol lain yaitu Perindo dan PDIP, berkas Partai Nasdem ini juga dikembalikan untuk diperbaiki. Sebagian besar penyebabnya sama. Di antaranya masih ada berkas tidak sesuai antara jumlah Kartu Tanda Penduduk dan Kartu Tanda Anggota termasuk data di server Sistem Informasi Partai Politik (Sipol). Selain itu masih banyak KTP yang disertakan adalah KTP lama yang belum elektronik.

 

Dawud Budi Sutrisno mengatakan, pihaknya memang mengalami kesulitan akibat lemotnya server Sipol milik KPU. Lemotnya server mengakibatkan partai sulit untuk memasukkan data anggota partai. Seperti Partai Nasdem Sidoarjo yang menyertakan 1.500 KTA namun baru bisa memasukkan 900 nama saja.

 

“Jadi ini sebenarnya persoalan ada di pihak KPU, bagaimana seharusnya memperbaiki server Sipol yang lemot,” kata Dawud.

 

Sementara Ketua KPU Sidoarjo Zainal Abidin mengakui lemotnya server Sipol karena akibat banyaknya orang yang membuka di waktu bersamaan. Maka, kata Zainal, pihaknya siap membantu parpol dalam perbaikan berkas mereka. Zainal yakin hingga batas akhir 16 Oktober nanti, perbaikan berkas parpol bisa dirampungkan.

 

“Anggota KPU serta tim siap melayani bila ada pihak parpol yang membutuhkan petunjuk atau penjelasan,” kata Zainal.(alf)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *