Verifikasi Parpol, KPU Sidoarjo Kembalikan Berkas Partai Perindo dan PDIP

Oktober 12, 2017


SIDOARJO – Pendaftaran peserta pemilu 2019 selama 9 hari yang dibuka sejak tanggal 3 Oktober kemarin, baru dua partai politik yang mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Daerah Sidoarjo. Namun, mereka harus kembali lagi. Karena, berkas verifikasi masih banyak yang harus diperbaiki atau kurang lengkap.

Dua parpol tersebut yakni Partai Persatuan Indonesia (Perindo) yang mendaftar Senin (9/10) lalu dan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) yang mendaftar Rabu (11/10).

“Sudah ada dua parpol yang mendaftar. Tapi berkas kedua parpol kurang lengkap, jadi kami kembalikan untuk dilakukan perbaikan,” ucap Zainal Abidin, Ketua KPUD Sidoarjo, Rabu (11/10/2017).

Ia menambahkan, pengembalian berkas yang kurang lengkap tersebut diantaranya terdapat perbedaan jumlah antara daftar nama anggota dengan jumlah foto kopi kartu tanda anggota dan KTP elektronik (E-KTP). Selain itu, penyusunan berkasnya tidak rapi, sehingga menyulitkan petugas untuk melakukan verifikasi.

“Kami sarankan untuk ditata serapi mungkin dijajarkan antara KTP dan KTA atau dibuatkan sendiri tapi secara berurutan, sehingga akan mempermudah ketika kita melakukan verifikasi administrasi,” katanya.

Sedangkan untuk perbaikan berkas tersebut, lanjut Zainal, masih ada waktu selama enam hari untuk melakukan perbaikan hingga pendaftaran ditutup pada tanggal 16 Oktober mendatang.

Terkait kurang siapnya parpol mendaftar sebagai peserta Pemilu 2019, Zainal membantah bila disebabkan kurangnya sosialisasi. Menurut Zainal, pihaknya sudah empat kali melakukan sosialisasi terkait pendaftaran parpol tersebut.

“Kami sudah mengundang partai sampai 4 kali sebelumnya, tapi ya kita memaklumi memang ini sesuatu yang baru bagi partai,” kata Zainal.(alf)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *