Anik Saiful Ilah Ingatkan Pentingnya ASI untuk Bayi

Oktober 10, 2017

SIDOARJO – Kegiatan temu kader PKK bertajuk Peningkatan Pemberian ASI eksklusif di Pendopo Delta Wibawa Kabupaten Sidoarjo, Selasa (10/10/2017), ketua TP-PKK Hj. Anik Saiful Ilah memberikan materi pentingnya peran air susu ibu (ASI) bagi kesehatan bayi.

Dalam sambutannya, Hj. Anik Saiful Ilah mengatakan, lebih dari satu juta anak meninggal tiap tahunnya karena penyakit yang disebabkan penyakit diare, saluran nafas dan infeksi lainnya. “Nah, cara penanggulangan penyakit tersebut yakni dengan memberikan ASI yang cukup kepada bayi,” ucapnya.

Ia menambahkan, ASI akan mencegah dehidrasi dan mempercepat penyembuhan bayi penderita diare. Akan tetapi, sebagian besar ibu dibeberapa negara banyak tang memberikan makanan dan minuman tambahan bayinya yang belum berusia 6 bulan. “Bahkan banyak ibu yang berhenti memberikan ASI jauh sebelum anaknya berumur 2 tahun,” katanya.

Padahal, lanjut Istri Bupati Sidoarjo itu, ASI eksklusif berperan sangat penting bagi kesehatan bayi agar tumbuh dengan optimal. “Banyak ibu-ibu tidak menberikan asi dengan alasan asi tidak cukup, ibu bekerja diluar rumah sehingga tidak tahu cara memberikan ASI sambil bekerja. Padagal ASI merupakan hak anak,” terangnya.

Ia juga mengungkapkan, tingginya angka kematian anak di Kabupaten Sidoarjo sendiri disebabkan karena berat badan lahir rendah atau kurang dari 2,5 kg sampai kekurangan gizi dan pneumonia. “Untuk itu, saya berharap kepada Ibu-ibu anggota PKK untuk dapat menjadi fasilitator yang dapat memberdayakan masyarakat melalui edukasi pemberian ASI eksklusif,” terangnya.(alf)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *