Menjalin Sinergitas, Diskominfo Sidoarjo Gelar Pembinaan Kompetensi Bersama Insan Pers

September 9, 2017


SIDOARJO- Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Sidoarjo, menggelar pembinaan kopetensi kepada puluhan insan pers dari berbagai macam media dari televisi, cetak dan online di Hotel Royal Tretes View, Kecamatan Prigen, Pasuruan, Jum’at (8/9/2017) lalu.

Dalam acara yang bertajuk “Pembinaan Kompetensi Insan Pers Menuju Profesionalisme dalam rangka Mendukung Pembangunan Daerah” selama dua hari tersebut, hadir Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah, Sekertaris Daerah Sidoarjo Djoko Sartono, Ketua PWI Jatim Akhmad Munir.

Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah yang membuka langsung acara tersebut mengatakan, peran insan pers sangat penting dan berpengaruh terhadap pelaksanaan pembangunan di Kabupaten Sidoarjo. Oleh karena itu, ia meminta agar Insan pers menjaga kondusivitas Kabupaten Sidoarjo melalui pemberitaan yang dibuatnya.

Ia juga menghimbau kepada rekan-rekan pers, untuk tidak ragu-ragu dalam menjalankan tugas dan profesinya. Namun dalam menjalankan tugasnya harus sesuai dengan kode etik jurnalistik dan selalu dalam koridor Dewan Pers.

“Saya menghormati kebebasan saudara-saudara dalam menjalankan tugas, karena saya yakin, saudara-saudara semua adalah warga negara yang sadar akan hak dan kewajibannya, serta menjalankan tugas dan profesinya dengan penuh rasa tanggung jawab,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Diskominfo Kabupaten Sidoarjo Drs. Y. Siswojo mengatakan kedudukan media massa dalam perkembangan masyarakat saat ini sangatlah penting, industri media massa juga mengalami perkembangan yang sangat pesat. Hal tersebut disebabkan karena masyarakat selalu haus akan informasi.

Oleh sebab itu, insan pers dituntut bekerja cerdas dan profesional dalam menjalankan tugasnya. Selain itu insan pers diharapkan melaksanakan amanat dari Dewan Pers dan Menteri Komunikasi dan Informatika RI, yang menyatakan bahwa setiap wartawan wajib memiliki sertifikasi melalui uji kompetensi wartawan.

“Dengan adanya uji kompetensi ini memastikan wartawan tersebut memiliki kapasitas sebagai sosok yang profesional dan mumpuni untuk menyandang profesi kewartawanan,” ujarnya.

Melihat hal tersebut Kepala Diskominfo Kabupaten Sidoarjo Drs. Y. Siswojo memandang perlu melakukan kegiatan Pembinaan Kompetensi Insan Pers Menuju Profesionalisme Dalam Rangka Mendukung Pembangunan Daerah. Kegiatan tersebut untuk meningkatkan pemahaman azas, fungsi, hak dan kewajiban berdasarkan Undang-Undang No. 40 Tahun 2009 tentang Pers dan Kode Etik Jurnalistik.

“Kegiatan ini juga sebagai tindak lanjut dari Surat Edaran Dewan Pers No. 01/SE-DP/I/2014 tentang UU Pers dan Standart Perusahaan Pers, serta himbauan dari Menteri Komunikasi dan Informatika RI,” pungkasnya.(alf)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *