Galih Pondasi, Warga Sukodono Temukan Ratusan Uang Kepeng Dinasti Ming

September 9, 2017

SUKODONO – Epin Sujadi (30), warga Dusun Beciro, Desa Jumputrejo, Kecamatan Sukodono, Sidoarjo, menemukan ratusan uang kepeng logam cina yang diduga beredar di masa dinasti ming dan dinasti chang saat menggalih pondasi rumah, Sabtu (9/9/2017).

Menurut pantauan, uang kepeng logam cina kuno yang ditemukan Epin tersebut bebentuk bulat seperti uang koin pada umumnya. Namun, yang membedakan, uang tersebut ada bulatan di bagian tengah dan tertulis huruf cina dibagian sisinya.

Epin mengaku tidak sengaja menemukan barang sejarah tersebut. Saat itu, ia berniat menggali tanah untuk pondasi rumah barunya. Namun setelah menggalih sedalam 1 meter, tiba-tiba cangkulnya terkena kain yang sudah hancur. “Ketika saya ambil dan saya buka, ternyata isinya koin ini,” ucapnya.

Sebelumnya, ia juga mengaku pernah menemukan sebuah guci kuno pada beberapa tahun silam saat membangun kamar mandi rumah lamanya. Namun, guci tersebut ia jual dan laku sebesar Rp 1,5 juta. “Dulu juga pernah menemukan guci, tapi sudah saya jual,” terangnya.

Mendengar temuan itu, anggota Kepolisian Sektor Sukodono dan perangkat desa langsung mendatangi lokasi. Selang beberapa jam, warga sekitar yang mendengar temuan itu dari mulut kemulut, langsung berbondong-bondong ke lokasi untuk melihat secara langsung.

Sementara untuk kepentingan lebih lanjut, ratusan kepeng logam cina kuno itu dibawa oleh Dinas Pemuda Olah Raga Kebudayaan dan Pariwisata (Disporabudpar) Kabupaten Sidoarjo untuk dilakukan penelitian lebih lanjut.(alf)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *