Tipu Rp 10 Juta, Anggota BIN Gadungan Ditangkap

Agustus 29, 2017

SIDOARJO – Mustari Serra Ady Surya (50), warga Desa Gamping, Kecamatan Krian, Sidoarjo, berhasil dibekuk Satuan Reserse Kriminal Polresta Sidoarjo. Pasalnya, ia melakukan penipuan terhadap korbannya dengan cara bisa memasukkan sebagai anggota Badan Intelejen Negara (BIN).

Kasat Reskrim Polresta Sidoarjo, Kompol Muhammad Harris mengatakan, kejadian itu bermula saat tersangka bertemu dengan korbannya Umar Faris (33), warga Katerungan, Krian, Sidoarjo di sebuah warung kopi kawasan Jl By Pass Krian, Desa Kraton, Kecamatan Krian, Sidoarjo.

“Korban awalnya ngobrol dengan pemilik kopi tentang lowongan kerja. Ditengah-tengah obrolan itu, tersangka juga ikut mengobrol dan ia berkata kepada korban bahwa dirinya mengaku bisa menjadikannya anggota BIN dengan membayar Rp 20 juta,” ucapnya, Selasa (29/8/2017).

Setelah itu, mereka saling tukar nomor handphone dan percakapan terkait pekerjaan yang di tawarkan oleh pelaku, terus dikomunikasikan melalui handphone. “Kepada pelaku, korban mengaku hanya ada uang Rp 10 juta. Namun disepakatki oleh pelaku,” katanya.

Setelah terjadi kesepakatan itu, akhirnya mereka berdua bertemu kembali disebuah warung kopi sebelumnya untuk menyerahkan uang. “Setelah uang diserahkan, korban diberi satu kartu anggota BIN atas nama korban, satu lembar surat tugas dari DPP LPD dan surat keputusan untuk mengikuti pelatihan di Jakarta,” terangnya.

Apesnya, usai melakukan transaksi tersebut, tersangka langsung ditangkap petugas yang saat itu tersangka memang sudah menjadi TO petugas. “Dari tangan tersangka, barang bukti yang berhasil diamankan berupa uang tunai Rp 10 juta, selembar kuitansi tanda terima korban dan tersangka, selembar surat Keputusan BIN palsu, 3 lembar KTA BIN palsu dan barang bukti lainnya,” ucapnya.

Sementara itu, akibat perbuatannya, tersangka dijerat dengan pasal 378 KUHP tentang tindak pidana penipuan dengan ancaman 4 tahun penjara. “Ancamannya 4 tahun penjara,” pungkasnya.(alf)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *