KONI Tingkat Kecamatan Segera Dibentuk

SIDOARJO – Komite Olahraga Nasional Indonesia (Koni) Kabupaten Sidoarjo, menggelar Rapat Kordinasi (Rakor) bersama seluruh pemerintah Kecamatan se Kabupaten Sidoarjo di ruang Delta Karya Pemkab Sidoarjo, Senin (28/7/2017). Hal ini dilakukan untuk membentuk kordinator Koni tingkat Kecamatan.

Ketua KONI Kabupaten Sidoarjo, Franky Effendi mengatakan, pembentukan kordinator Koni di tingkat kecamatan tersebut mengacu kepada AD/ART yang baru dan Undang-undang sistem keolahragaan nasional. “Insya allah nanti kami lantik serentak bertepatan dengan Hari Olahraga Nasional (Haornas),” katanya.

Dalam pembentukan Koni Kecamatan nanti, Franky berharap agar bisa menjaring potensi-potensi para generasi muda di seluruh Kecamatan di Kabupaten Sidoarjo, dalam bidang seluruh Cabang Olahraga (Cabor). “Jadi ada tingkat keadilan yang merata. Selama ini memang terfokus di kota saja. Sedangkan di daerah pinggiran Sidoarjo tidak. Padahal banyak potensi disana,” terangnya.

Setidaknya, lanjut franky, setelah terbetuk kordinator koni ditingkat Kecamatan, Kabupaten bisa menerima data base para generasi muda yang berbakat dari Kecamatan, supaya nanti di lakukan pembinaan oleh Koni Kabupaten, baik pembinaan melalui club-club maupun yang lainnya. “Kalau sudah seperti itu, maka potensi mereka tersalurkan di berabagai cabang olahraga di Sidoarjo,” terangnya.

Rencana pembentukan kordinator koni tingkat kecamatan ini, diapresiasi oleh seluruh peserta. Karena, kekuatan olahraga sendiri berasal dari Kecamatan maupun Desa. “Saya perumpamakan, pohon itu nampak hijau, rindang karena akarnya kuat. Nah kekuatan itu sebenarnya berada di desa maupun di kecamatan,” pungkasnya.

Sementara itu, PLT Kadispora dan Pariwisata Kab Sidoarjo, Drs Joko Supriyadi dalam sambutannya mengatakan, pembentukan kordinator tersebut sangat bermanfaat bagi para generasi muda. Karena, generasi muda bisa menyalurkan bakatnya sehingga mempunyai kesempatan untuk mengharumkan nama bangsa Indonesia.

“Kegiatan ini juga sangat positif. Mereka para generasi muda bisa mengisi waktu luangnya dan apabila mereka berhasil, bisa mengharumkan nama bangsa pastinya,” katanya.(alf)