Peringatan HUT RI ke-72, Ribuan Napi Dapat Remisi

Agustus 17, 2017

PORONG – Menjelang memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke-72, sebanyak 9.634 dari 14.287 Narapidana (Napi) di Seluruh Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Propinsi Jawa Timur, mendapatkan remisi umum atau pengurangan masa tahanan.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Propinsi Jatim, Susy susilowati mengatakan, dari jumlah keseluruhan Napi sebanyak 14.287, pihaknya mengusulkan 11.821 untuk mendapatkan remisi umum 2017. Namun, dari jumlah usulan tersebut, ada 9.634 yang mendapatkan remisi dan remisi yang mereka dapatkan bervariasi, mulai dari satu bulan sampai 6 bulan.

“Dari 9.634 Napi yang mendapat remisi umum, 183 diantaranya langsung bebas,” ucapnya usai penyeraan Surat Keputusan Remisi 17 Agustus 2017 yang diserahkan secara simbolis di Lembaga Pemasyarakatan Surabaya Kelas I di Porong, Sidoarjo, Rabu (16/8/2017).

Narapidana yang diusulkan mendapat remisi tersebut yakni dari pidana umum seperti kasus korupsi 39 orang, narkotika 437 orang, psikotropika 2 orang, teroris 2 orang dan human traficking 1 orang. “Kalau pidana khusus kan ada persyaratan tertentu dalam PP 99 tahun 2012,” terangnya.

Ia menambahkan, dari ribuan napi yang mendapat remisi ini, terbanyak di Lembaga Pemasyarakatan Kelas I dan Lemabaga Pemasyarakatan Kelas I Malang. Adapun persyaratannya untuk mendapatkan remisi yakni, berkelakuan baik tidak memiliki catatan hitam dan memenuhi syarat waktu 6 bulan. “Pada intinya yaitu berkelakuan baik,” katanya.

Sementara itu, Wakil Gubernur Jawa Timur H. Syafulah Yusuf berharap bagi narapidana yang mendapatkan remisi khususnya yang langsung bebas, bisa menjadi lebih baik dan berguna bagi masyarakat. “Mereka otomatis menjadi duta kami untuk mengabarkan kepada masyarakat bahwa di Lapas itu tidak enak,” katanya.

Gus Ipul sapaan akrabnya tersebut, mengakui kalau Rumah Tahanan dan Lembaga Pemasyarakatan di Jawa Timur mengalami overload. “Remisi ini juga untuk mengatasi overload semua lapas dan rumah tahanan di Indonesia khususnya Jawa Timur,” kata Saifullah Yusuf.(alf)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *