Upacara HUT Pramuka ke 56 di Sidoarjo, Lepas Puluhan Burung Merpati

SIDOARJO – Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah, SH, M. Hum menjadi Inspektur upacara (Irup) pada HUT ke-56 Gerakan Pramuka di Alun-alun Pemkab Sidoarjo, Senin 14/8. HUT Pramuka ke 56 tahun ini mengambil tema “Gerakan Pramuka Bekerja Untuk Kaum Muda Mewariskan Yang Terbaik Bagi Bangsa”.

Dalam upacara yang diikuti sekitar 2.500 orang anggota pramuka, Bupati H. Saiful Ilah, SH, M. Hum berharap pramuka Sidoarjo tetap jaya dan mampu memberi kontribusi besar terhadap pembinaan generasi muda.

“Peringatan hari Pramuka ini hendaknya menjadi momentum untuk meningkatkan peran dan aktivitas gerakan Pramuka sebagai organisasi kepanduan dalam membangun tunas-tunas muda yang memiliki watak, kepribadian, karakter dan jati diri bangsa yang kuat, kokoh dan tangguh,” katanya.

Menurut dia, gerakan Pramuka saat ini telah menjelma menjadi satu wadah utama dalam pendidikan karakter bangsa dan peningkatan daya saing kaum muda, khususnya di era globalisasi.

Pramuka sebagai lembaga non-formal, kata dia, juga merupakan sebuah gerakan yang dapat membangun karakter para pemuda yang berbudi pekerti dan sebagai wadah perdamaian dunia, gerakan pramuka memberikan kontribusi warna tersendiri dalam membangun bangsa.

“Pramuka memang dimunculkan untuk membuat kita menjadi pribadi yang ulet dan siap menghadapi tantangan, ujar H. Saiful Ilah yang juga Ketua Mabicab Sidoarjo.

Oleh karena itu, katanya, peranan Pramuka menjadi sangat penting dalam upaya membentuk karakter kaum muda, menanamkan semangat kebangsaan dan meningkatkan keterampilan.

Ia juga mengingatkan, kemajuan teknologi informasi tidak boleh membuat bangsa ini kehilangan kesantunan, kepribadian dan rasa saling hormat menghormati.

Puncak upacara peringatan Hari Pramuka tingkat Kabupaten Sidoarjo turut diisi dengan mengumandangkan himne Ramuka serta pembacaan UUD 1945 dan Dasa Dharma Pramuka.

Selanjutnya, acara ditutup dengan pelepasan puluhan burung merpati sebagai lambang perdamaian dunia, puluhan burung merpati beragam warna tersebut dilepas bersama-sama ditengah Alun-alun Sidoarjo. dilepaskannya burung merpati menyiratkan pesan yang ingin disampaikan oleh gerakan pramuka Kwarcab Sidoarjo kepada dunia khususnya bangsa ini agar tetap menjaga perdamaian ditengah perbedaan yang ada.

Pada kesempatan itu, turut pula diserahkan penghargaan kepada anggota pramuka, diantaranya penghargaan Juara Lomba Penegak Kreatif Putra diraih Kwartir Ranting Jabon, Juara Lomba Penegak Kreatif Putri diraih Kwartir Ranting Waru, Juara Penggalang Beraksi Putra diraih SDN Banjarbendo Kwaran Sidoarjo, Juara Penggalang Beraksi Putri diraih SDN Cemengkalang Kwaran Sidoarjo.

Penghargaan Penggalang Beraksi SMP kategori putra dan putri diraih SMPN 2 Sidoarjo Kwaran Sidoarjo, Kategori Lomba Mewarnai Tingkat Siaga Juara I diraih oleh SDN Sukorejo Kwaran Buduran, Lomba Pionering Tingkat PLB diraih oleh SLB B Dharma Wanita Sidoarjo, Lomba Pawai Budaya Tingkat PLB diraih oleh SLB N Juwet Kenongo Porong, dan terakhir Juara Jambore Pra Siaga Forlegis diraih PAUD Sabilul Azmi Tulangan.

Hadir dalam acara itu, antara lain Ketua DPRD Kabupaten Sidoarjo H. Sulamul Hadi Nurmawan, Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol Himawan Bayu Aji, Ketua TP PKK Hj. Anik Saiful Ilah, SH, M. Hum, Sekda Kab Sidoarjo Joko Sartono, SH dan pejabat dari TNI, Polri serta Kepala OPD dilingkungan Pemkab Sidoarjo. (ir/st-12)